Kumpulan Artikel: Persatuan Bangsa

  • Pesan Pentingnya Persatuan dalam Surat Ali Imran Ayat 105
    Tausyiah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 10:09 WIB
    Di dalam Al Quran terdapat banyak ayat yang mengajarkan pentingnya kesatuan dan keharmonisan di antara umat manusia. Salah satunya surat Ali Imran ayat 105
  • Integrasi Arab, Tahapan Proses Pengintegrasian Negara-Negara Muslim
    Tausyiah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 15:21 WIB
    Bukankah Arab merupakan masyarakat sekaligus negara? Arab dapat menjadi kesatuan masyarakat yang selama ini merupakan gugusan negara-negara yang terpecah belah.
  • Keseimbangan Tauhid dan Nilai Kesatuan Menurut Hasan at-Turabi
    Tausyiah
    Rabu, 17 Januari 2024 - 17:46 WIB
    Kebebasan merupakan nilai esensial agama. Tanpa kebebasan tidak akan muncul kekuatan iman yang merdeka dan tidak tercapainya tujuan dalam berkreasi dan memberikan kontribusi nyata.
  • Menjaga Nilai-Nilai Ramadan dan Idulfitri untuk Wujudkan Persatuan Bangsa
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 21:29 WIB
    Nilai-nilai ibadah dan keluhuran yang dijalankan di bulan Ramadan perlu dijaga dan diimplementasikan untuk membentuk insan yang bertakwa kepada Allah SWT demi mewujudkan persatuan bangsa.
  • Bermuhasabah Diri dan Meneladani Sifat Rasulullah dalam Berbangsa
    Dunia Islam
    Senin, 10 Oktober 2022 - 05:14 WIB
    Ketua Pengurus Besar Al-Washliyah, Mahmudi Affan Rangkuti menilai pentingnya bermuhasabah sebagai refleksi diri dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Meneladani Rasulullah dalam Praktik Bernegara dan Berbangsa
    Dunia Islam
    Jum'at, 07 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Ketua Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Institut PTIQ, Abdul Muid Nawawi mengatakan, Rasulullah memberikan banyak keteladan berbangsa dan bernegara.
  • Azyumardi Azra: Islam Pemersatu Berbagai Suku di Nusantara
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 15:31 WIB
    Islam mengatasi perbedaan-perbedaan yang terdapat di antara berbagai suku bangsa dan menjadi supraidentity yang mengatasi batasan-batasan geografis, sentimen etnis, identitas kesukuan, adat istiadat, dan tradisi lokal lainnya.
  • Ramadhan, Altruistik dan Persatuan Indonesia
    Tausyiah
    Minggu, 10 April 2022 - 22:36 WIB
    Ramadhan memiliki kekuatan multiplier effect, terutama secara spiritual, psikologi, dan kekauatn integrasi sosial. Secara spiritual, Ramadhan bulan latihan bagi iman.
  • Teladani, Hayati dan Muliakan Rasulullah dalam Sikap dan Perilaku Hidup
    Dunia Islam
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:15 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW banyak hikmah dan maknanya yang bisa diambil untuk menciptakan perdamaian, persatuan, dan kecintaan terhadap sesama.