Kumpulan Artikel: Quraish Shihab (halaman 14)
Tausyiah
Selasa, 26 Juli 2022 - 14:15 WIB
Muhammad Quraish Shihab mengatakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam raya ini, dan sisi kejadiannya, dalam kadar atau ukuran tertentu, pada tempat dan waktu tertentu, disebut takdir.
Dunia Islam
Senin, 25 Juli 2022 - 15:30 WIB
Quraish Shihab tidak ingin dipanggil Habib meskipun merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia menjelaskan masih memiliki jalur keturunan Nabi Muhammad, namun dirinya enggan dipanggil habib.
Hikmah
Sabtu, 23 Juli 2022 - 16:32 WIB
Sikap Allah SWT kepada Rasulullah SAW lebih besar ketimbang Nabi Musa. Nabi Musa bermohon agar Allah menganugerahkan kepadanya kelapangan dada, Nabi SAW mendapatkan itu tanpa meminta.
Hikmah
Kamis, 21 Juli 2022 - 15:10 WIB
Al-Quran mengakui secara tegas bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat agung. Bahkan dapat dikatakan bahwa konsideran pengangkatan beliau sebagai nabi adalah keluhuran budi pekertinya
Hikmah
Selasa, 19 Juli 2022 - 15:33 WIB
Nabi Muhammad sangat gelisah ketika wahyu yang beliau nanti-nantikan tidak kunjung datang, hingga sampai-sampai konon beliau hampir saja mencelakakan dirinya.
Hikmah
Minggu, 17 Juli 2022 - 18:48 WIB
Nabi Muhammad SAW adalah ummi atau buta huruf, tidak pandai membaca dan menulis. Quraish Shihab mengatakan pada masa itu, masyarakat menganggap kemampuan menulis sebagai bukti kelemahan seseorang.
Hikmah
Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:10 WIB
Al-Quran menegaskan bahwa para nabi telah pernah diangkat janjinya untuk percaya dan membela Nabi Muhammad SAW. Hal ini termaktub dalam Surat Ali Imran ayat 81.
Hikmah
Rabu, 13 Juli 2022 - 20:33 WIB
Dr Anwar Qudri, peneliti dari Mesir, berpendapat bahwa perjalanan Dzulqarnain ke timur berakhir di suatu tempat dan menurut peneliti tersebut adalah Pulau Halmahera di Maluku, Indonesia.
Tausyiah
Selasa, 12 Juli 2022 - 18:51 WIB
Ibadah haji apabila dihayati dan diamalkan secara baik dan benar, maka pasti akan mengantarkan setiap pelakunya dalam lingkungan kemanusiaan yang benar.
Tausyiah
Rabu, 06 Juli 2022 - 17:01 WIB
Pada al-Quran surat al-Zumar ayat 29 bermaksud menggambarkan bagaimana keadaan seseorang yang harus taat kepada sekian banyak orang yang memilikinya.
Tausyiah
Jum'at, 01 Juli 2022 - 17:16 WIB
Al-Quran menempatkan kata huwa untuk menunjuk kepada Allah, padahal sebelumnya tidak pernah disebut dalam susunan redaksi ayat ini kata yang menunjuk kepada-Nya.
Tausyiah
Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:32 WIB
Secara umum kita dapat membagi uraian Al-Quran tentang bukti Keesaan Tuhan dengan tiga bagian pokok, yaitu: Kenyataan wujud yang tampak, rasa yang terdapat dalam jiwa manusia, dan dalil-dalil logika.
Tausyiah
Jum'at, 24 Juni 2022 - 12:04 WIB
Nabi Musa as suatu ketika pernah bermohon agar Tuhan menampakkan diri-Nya kepadanya, sehingga Tuhan berfirman sebagai jawaban atas permohonannya.
Tausyiah
Jum'at, 24 Juni 2022 - 08:56 WIB
Sejumlah ulama ada yang berpendapat Islam sengaja diturunkan di Mekkah karena wilayah itu dihuni penduduk jahiliyah. Bahkan disebutnya penduduk paling bejat sedunia. Benarkah?
Tausyiah
Rabu, 22 Juni 2022 - 19:15 WIB
Uraian Al-Quran tentang Tuhan kepada umat Nabi Muhammad SAW dimulai dengan pengenalan tentang perbuatan dan sifat-Nya. Ini terlihat secara jelas ketika wahyu pertama turun.
Tausyiah
Selasa, 21 Juni 2022 - 13:03 WIB
Nabi Ibrahim berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya tatkala memaparkan tauhid kepada umatnya. Nabi-nabi sebelumnya berkata, Sembahlah Allah, kalian tidak memiliki Tuhan selain-Nya.
Tausyiah
Minggu, 19 Juni 2022 - 18:26 WIB
Mengapa Tak Ada Ayat dalam Al-Qur'an yang Membicarakan Wujud Tuhan? Begini Penjelasan Quraish Shihab
Syaikh Abdul Halim Mahmud mengatakan jangankan Al-Quran, Kitab Taurat, dan Injil dalam bentuknya yang sekarang pun (Perjanjian Lama dan Baru) tidak menguraikan tentang wujud Tuhan.
Tausyiah
Kamis, 26 Mei 2022 - 17:41 WIB
Pada hari pengadilan agung tidak ada yang dapat mengelak, tidak ada juga yang dapat menyembunylkan sesuatu di hadapan pengadilan yang maha agung itu.
Tausyiah
Minggu, 08 Mei 2022 - 09:25 WIB
Ayat-ayat tersebut memperlihatkan bahwa ghufran (pengampunan atau perlindungan) tidak dapat diperoleh kecuali setelah memenuhi syarat-syarat tertentu.
Tausyiah
Jum'at, 06 Mei 2022 - 05:02 WIB
Kata Aidin, adalah bentuk pelaku Id. Kata al-faizin adalah bentuk jamak dari faiz, yang berarti orang yang beruntung. Kata ini terambil dari kata fauz yang berarti keberuntungan.