Topik Terkait: Menjaga Keistiqamahan

  • 4 Perkara yang Merusak Keistiqamahan, Nomor 1 karena Kejahilan
    Tips
    Kamis, 15 September 2022 - 10:50 WIB
    Orang yang istiqamah dalam beramal beribadah, tidak akan menyia-nyiakan waktunya di dunia. Namun, dalam menjalaninya banyak sekali godaan dan faktor yang dapat merusak sikap istiqamah kita
  • Tak Hanya Lelaki, Ternyata Kaum Muslimah pun Wajib Menjaga Pandangan
    Muslimah
    Senin, 25 Juli 2022 - 10:52 WIB
    Islam mengajarkan dan memerintahkan umatnya untuk selalu menjaga pandangan atau menundukkan pandangan (ghadhdhul bashar). Perintah menjaga pandangan tersebut diiringi dengan perintah memelihara kemaluan (hifzhul farj)
  • Inkonsisten Ternyata Sikap Buruk yang Berdampak Hingga Akhirat
    Tausyiah
    Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:19 WIB
    Sikap inkonsisten (tidak konsisten) merupakan salah satu sifat tidak terpuji dalam Islam. Karena sifat ini, tidak hanya merepotkan orang lain, tetapi juga memberi kejiwaan yang buruk dalam diri seseorang.
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 30: Kewajiban Menjaga Pandangan dan Kemaluan
    Tausyiah
    Senin, 11 Desember 2023 - 16:52 WIB
    Usai menjelaskan etika berkunjung pada ayat sebelumnya, Allah menerangkan etika dan adab seorang muslim ketika berinteraksi antarsesama manusia.
  • Pentingnya Muslimah Menjaga Iffah di Zaman Fitnah Saat Ini
    Muslimah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 19:31 WIB
    Iffah secara bahasa yaitu menahan, sedangkan secara istilah, menahan diri sepenuhnya dari hal-hal yang Allah Subhanahu wa taala telah haramkan. Hakikat muslimah adalah menutup auratnya, menjaga kehormatannya, menjaga kesucian dirinya dan lain sebagainya.
  • Menjaga Wudhu Demi Husnul Khotimah
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Mengerjakan wudhu, selain untuk salat juga disarankan di sela-sela aktivitas kehidupan lainnya. Ketika hendak berpergian, tidur dan sebagainya. Apabila kita sebagai muslim dapat menjaga kesucian maka insyaAllah akandilindungi oleh Allah Taala.
  • Pentingnya Muslimah Menjaga Pandangan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 07 September 2022 - 12:07 WIB
    Tidak selalu perempuan belum menikah yang sulit menjaga pandangan, namun juga perempuan-perempuan sudah menikah, seperti dialami oleh Zhulaika terhadap Nabi Yusuf.
  • Terhindar dari Azab Kubur karena Menjaga Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:54 WIB
    Ulama faqih yang tinggal di Kufah Irak bernama Sulaiman bin Mihran Al-Amasy (wafat 764) dikenal sebagai orang yang selalu menjaga kesucian dirinya.
  • Hati-hati, Inilah Faktor-faktor yang Bisa Merusak Keistiqamahan
    Muslimah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 17:21 WIB
  • Inilah Jaminan Rasulullah SAW bagi Umatnya yang Pandai Menjaga Lidahnya
    Tausyiah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 15:54 WIB
    Sesungguhnya diam dari perkataan yang buruk merupakan keselamatan, dan keselamatan itu tidak ada bandingannya. Bahkan, Rasulullah shallalalahu alaihi wa sallam memberikan jaminan bagi orang yang menjaga lidahnya dengan baik.
  • Mutiara Hadis: Menjaga Persaudaraan di Antara Kaum Mukmin
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 23:44 WIB
    Rasulullah SAW menekankan pentingnya menjaga persaudaraan sesama kaum mukmin (orang beriman). Ukhuwah ini bisa dipelihara manakala sesama muslim saling menyayangi dan mengasihi.
  • Berharganya Wajah Wanita, Ini Kisah Suami yang Menjaga Kehormatan Istrinya
    Tausyiah
    Rabu, 02 Agustus 2023 - 23:37 WIB
    Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi dalam bukunya 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah menceritakan satu kisah yang sangat menyentuh hati. Berikut kisahnya.
  • Menjaga Nikmat Hidayah
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 09:11 WIB
    Kata hidayah, banyak sekali disebutkan dalam Al-Quran, baik dalam doa atau disandingkan dengan para Rasul yang dijadikan teladan dalam kehidupan terutama dalam mempertahankan nikmat hidayah ini.
  • Mengajarkan Anak Menjaga Pandangan Mata
    Muslimah
    Sabtu, 22 Mei 2021 - 15:48 WIB
    Menjaga pandangan mata, merupakan salah satu adab yang mesti diketahui anak-anak kita. Ini merupakan pengantar bagi pendidikan seksual, yaitu dimulai dari menjaga pandangan mata. Mengapa demikian?
  • Ini Pentingnya Menjaga Pandangan bagi Perempuan
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 08:51 WIB
    Bukan hanya kaum laki-laki yang harus menjaga pandangan, tapi juga kaum perempuan. Bahkan, tidak selalu perempuan belum menikah yang sulit menjaga pandangan, namun juga perempuan-perempuan sudah menikah
  • 5 Cara Menjaga Pandangan Mata Bagi Kaum Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 06:14 WIB
    Di era saat ini, menjaga pandangan mata menjadi seuatu yang sangat berat dilakukan tak hanya oleh kaum lelaki, juga oleh kaum wanita. Mengapa demikian?
  • Orang Berpuasa Wajib Menjaga Lisan dari Kata-Kata yang Tidak Bermanfaat
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 14:22 WIB
    Selain memuasakan perut dari makanan dan minuman, dan kemaluannya dari perbuatan keji, orang yang berpuasa harus memuasakan juga anggota tubuhnya yang lain dari perbutan dosa.
  • Sumber Petaka Itu Bernama Lisan, Peringatan untuk Para Dai
    Tausyiah
    Senin, 26 Juli 2021 - 09:04 WIB
    Abu Bakar khawatir atas lisannya karena rasa takutnya kepada Allah, namun kita yang banyak dosa justru tidak khawatir terhadap lisan kita karena tipisnya rasa takut kita kepada Allah SWT.
  • Pentingnya Menjaga Wudhu bagi Muslimah, Paling Utama Dijauhkan dari Hawa Nafsunya
    Muslimah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 15:14 WIB
    Pentingnya menjaga wudhu bagi seorang muslimah ternyata sangat luar biasa. Amalan dalam bersuci ini bisa menghapus kesalahan dan meningkatkan derajatnya.
  • 10 Faedah Menjaga Pandangan Menurut Ibnu Qayyim
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 07:06 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan agama Islam agar pemeluknya terhindar dari dosa, maksiat, ataupun marabahaya lain. Bentuk-bentuk penjagaan Islam ini terdiri dari penjagaan atas akidah, akal, harta, jiwa dan menjaga keturunan.