Topik Terkait: Syekh Muhammad Bin Shalih Alutsaimin

  • Ketika Muhammad bin Wasi Diuji dengan Sebuah Mahkota
    Hikmah
    Kamis, 27 Agustus 2020 - 10:17 WIB
    Yazid berkata, kalian akan melihat bahwa di antara ummat Muhammad SAW senantiasa ada yang tidak menginginkan harta ini ataupun yang semacam dengan ini yang ada di atas bumi.
  • Syekh Ibn Utsaimin: Merayakan Valentine Tak Ada Dasarnya Dalam Islam
    Tausyiah
    Minggu, 14 Februari 2021 - 20:35 WIB
    Ulama kontemporer kelahiran Saudi Arabia (wafat 2001) Syekh Ibn Utsaimin pernah ditanya tentang perayaan Valentine Day setiap 14 Februari yang marak di kalangan pelajar.
  • Subhanallah! Inilah Ciri-ciri Nabi Muhammad SAW Versi Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 21:40 WIB
    Ciri-ciri Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam (SAW) benar-benar sangat indah dan mengagumkan. Hal ini diceritakan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dalam Sirah Nabawiyah.
  • Akhir Tragis Muhammad bin Abu Bakar, Pilunya Hati  Siti Aisyah, Ali bin Abu Thalib dan Asma
    Hikmah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:31 WIB
    Menurut berbagai sumber riwayat, sejak terjadinya pembunuhan terhadap Muhammad bin Abu Bakar, Sitti Aisyah tidak mau lagi makan panggang daging sampai akhir hayatnya.
  • Kisah Muhammad bin Waasi: Hiasan Para Ahli Fikih yang Selalu Ikut Berjihad
    Hikmah
    Jum'at, 29 April 2022 - 18:50 WIB
    Muhammad bin Waasi adalah seorang tabiin utama yang berasal dari Bashrah. Beliau dikenal dengan sebutan Zainul Fuqaha yang bermakna hiasan para ahli fikih.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Sahabat Nabi Muhammad SAW Paling Cerdas
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad adalah orang-orang paling cerdas, paling mengerti Al-Quran-Sunnah dan paling sempurna keimanannya. Berikut tiga sahabat Nabi paling cerdas.
  • Mereka Mati Mengenaskan Setelah Menghina Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 12:43 WIB
    Berikut adalah tiga kisah tentang penghina Nabi Muhammad SAW yang mati secara mengenaskan. Allah SWT membunuhnya, kemudian Dia menjadikannya sebagai ayat dan ibrah (pelajaran).
  • Innalillaah! Ulama Besar Kelahiran Aceh Habib Muhammad Al-Athas Meninggal Dunia
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:53 WIB
    Telah berpulang ke rahmatullah ulama besar kelahiran Aceh yang juga Pimpinan Majelis Darul Mustafa - Condet Jakarta, Al-Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Athas, Senin dinihari 18 Januari 2021.
  • Sebelum Kenabian, Sepupu Umar bin Khattab Sudah Berakidah Tauhid
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 11:36 WIB
    Zaid bin Amr hidup di zaman sebelum kenabian Muhammad. Tapi ia menolak penyembahan berhala dan hanya memakan sesuatu yang disembelih dengan menyebut nama Allah.
  • Habib Muhammad Al-Attas Wafat Usai Resmikan Masjid Baalawi Aceh Timur
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:01 WIB
    Belum lagi hilang kesedihan wafatnya Syekh Ali Jaber dan Habib Ali Bin Abdurrahaman Assegaf dan beberapa ulama lainnya, pagi ini kita dikejutkan dengan berpulangnya Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas.
  • Berikut Alasan Mengapa Kurban Mesti di Daerah Domisili
    Tausyiah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 12:06 WIB
    Syaikh Muhammad berpendapat yang paling utama, paling sempurna, dan paling lurus bagi syiar-syiar Allah hendaknya kaum Muslimin berkurban di negeri mereka sendiri.
  • Waraqah bin Naufal, Orang Kristen Pertama yang Mengimani Nabi Muhammad
    Hikmah
    Rabu, 17 November 2021 - 05:15 WIB
    Waraqah adalah ahli Bible, penganut Kristen Nestorian. Ia mengimani kebenaran risalah yang dibawa Nabi Muhammad SAW. Hanya saja, beberapa hari setelah kenabian, beliau wafat.
  • Syaikh Al-Utsaimin: Jangan Terburu-buru Menetapkan Kepastian Hukum Takfir
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Mengafirkan seseorang akan mengakibatkan banyak konsekwensi hukum. Di antaranya, orang yang dikafirkan menjadi halal darah dan hartanya. Begitu pula semua konsekwensi hukum kafir lainnya.
  • Pesan Istri Salafus Shalih kepada Suami Mereka Terkait Rezeki
    Hikmah
    Selasa, 01 September 2020 - 18:45 WIB
    Mendapatkan rezeki yang halal dan berkah adalah dambaan semua orang. Mengenai rezeki ini, Islam telah memberi petunjuknya melalui Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.
  • Nasihat Berharga Sayyid Muhammad Al-Maliki Tentang Sholat
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 16:58 WIB
    Nasihat As-Sayyid Muhammad Al-Maliki tentang sholat ini layak kita jadikan motivasi agar tidak termasuk golongan orang-orang yang melalaikan sholat, termasuk sholat Subuh.
  • Bolehkah Zakat Fitrah Dibagikan ke Daerah Lain?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 02:00 WIB
    Mazhab Hanabilah dalam masalah ini tidak boleh, sebab zakat fithri tidak boleh dipindahkan dari tempat asal diwajibkannya kecuali jika pada tempat tersebut tidak ada yang berhak menerimanya.
  • Mimpi Guru Habib Muhammad Al-Haddad Tentang Sosok Habib Rizieq
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 11:41 WIB
    Pengurus Ponpes Darul Ilmi Waddawah Al-Habib Muhammad bin Alwi Al-Haddad mengaku menaruh rasa hormat kepada Habib Rizieq Shihab setelah mendengar mimpi gurunya Habib Soleh bin Ahmad Alaydrus bertemu Rasulullah.
  • 3 Nasihat Berharga Habib Alwi Bin Syekh
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:47 WIB
    Nasihat Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar ini patut kita jadikan pelajaran berharga bahwa segala kebaikan sekecil apapun tidak boleh kita remehkan.
  • Nabi Muhammad Asuh Sayidina Ali Gara-gara Krisis Ekonomi Melanda Makkah
    Hikmah
    Senin, 09 November 2020 - 08:00 WIB
    Pada saat krisis itu, Nabi Muhammad SAW telah berumah tangga dengan Siti Khadijah binti Khuwalid. Keluarga Nabi sangat berkecukupan. Siti Khadijah adalah saudagar kaya.
  • Teladan Indah Imam Ahmad Bin Hanbal Mengoreksi Muridnya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:15 WIB
    Kisah Imam Ahmad bin Hanbal ketika mengoreksi muridnya mengingatkan kita dengan kisah Rasulullah saat mengoreksi kesalahan sahabat sekaligus muridnya, Khawad.