Topik Terkait: Shaf Pertama

  • Jangan Mundur, Ini Keutamaan Shaf Pertama Ketika Sholat Berjamaah
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 09:27 WIB
    Keutamaan shaf pertama dalam sholat berjamaah sungguh luar biasa. Seseorang yang mendapatkannya sangat beruntung karena mendapat fadhillah seperti yang disabdakan Rasulullah.
  • Prof Haedar Tanggapi Anggapan Shaf Berjarak Sebagai Mazhab WHO
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:31 WIB
    Konsep darurat dan mafsadat merupakan prinsip hukum Islam yang keabasahannya diakui para ulama Islam. Jangan ikut-ikut orang yang punya pendapat sempit.
  • Masya Allah! Salat di Shaf Pertama Didoakan Malaikat
    Tausiyah
    Rabu, 04 Maret 2020 - 17:49 WIB
    Dalam salat berjamaah, seseorang hendaknya menempati shaf (barisan) pertama tanpa menyakiti orang lain. Jangan sampai mundur darinya saat mampu maju kepadanya.
  • Inilah Manusia Pertama yang Membuka Pintu Surga
    Muslimah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 20:02 WIB
    Ketika hari kiamat nanti, semua orang akan menunggu masuk surga atau neraka. Bila masuk surga pun, tetap harus menunggu seseorang yang akan membukanya. Dan, ada seseorang yang diberi otoritas oleh Allah Taala untuk mengetuknya. Siapa dia?
  • Pengin Mendapatkan Sholawat dari Para Malaikat? Isi Shaf yang Kosong
    Tips
    Senin, 31 Oktober 2022 - 08:09 WIB
    Ingin mendapatkan sholawat dari Allah Taala dan para malaikat? Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada orang-orang yang selalu menyambung shaf.
  • cover top ayah
    هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ ۚ عٰلِمُ الۡغَيۡبِ وَالشَّهَادَةِ‌ ۚ هُوَ الرَّحۡمٰنُ الرَّحِيۡمُ‏ (٢٢) هُوَ اللّٰهُ الَّذِىۡ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ‌ۚ اَلۡمَلِكُ الۡقُدُّوۡسُ السَّلٰمُ الۡمُؤۡمِنُ الۡمُهَيۡمِنُ الۡعَزِيۡزُ الۡجَـبَّارُ الۡمُتَكَبِّرُ‌ؕ سُبۡحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ (٢٣) هُوَ اللّٰهُ الۡخَـالِـقُ الۡبَارِئُ الۡمُصَوِّرُ‌ لَـهُ الۡاَسۡمَآءُ الۡحُسۡنٰى‌ؕ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ وَهُوَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (٢٤)
    Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Hasyr Ayat 22-24)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Menyambung Shaf Ketika Sholat Berjamaah
    Tips
    Rabu, 16 Juni 2021 - 12:05 WIB
    Mereka yang mengisi shaf awal sebelum yang kedua, menyempurnakan shaf kedua, sebelum ketiga, dan seterusnya mendapat fadhillah sebagai berikut.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah, Ilmuwan Perempuan Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.
  • Benarkah Nabi Muhammad Makhluk Allah yang Pertama?
    Tausyiah
    Selasa, 08 September 2020 - 05:00 WIB
    Telah tersiar di antara orang awam dari kisah-kisah maulid yang sering dibaca bahwa Allah Taala menggenggam cahaya-Nya, lalu berfirman, Jadilah engkau Muhammad.
  • Shaf Laki-laki Bercampur dengan Perempuan, Sahkah Sholatnya?
    Tausyiah
    Rabu, 07 April 2021 - 17:11 WIB
    Setiap muslim wajib mempelajari ilmu fiqih tentang sholat agar sholatnya diterima. Termasuk shaf (barisan) sholat telah diatur dalam fiqih, yaitu terpisah antara laki-laki dan perempuan..
  • Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 15:10 WIB
    Sebagian umat Islam sangat menanti-nanti kedatangan bulan Ramadhan. Ini karena Ramadhan memiliki kemuliaan dan keutamaan spesial dibanding bulan lain.
  • Keutamaan Amal Shaleh di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 08:10 WIB
    Hari ini, umat Islam sudah memasuki bulan Dzulhijjah, di mana syariat memerintahkan kita untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Kisah Jin yang Pertama Kali Mendengar Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:58 WIB
    Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Quran mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Quran. Allah menceritakan kisah jin yang mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • Mengupas Permulaan Penciptaan (1): Inilah Makhluk yang Pertama Kali Diciptakan
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 19:19 WIB
    Permulaan penciptaan termasuk salah satu ilmu yang jarang diungkap ke publik. Siapa sebenarnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla? Berikut ulasannya.
  • MUI Imbau Rapatkan Shaf, Saat Berzikir Dipersilakan Jaga Jarak
    Dunia Islam
    Kamis, 30 September 2021 - 15:26 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat mempersilakan umat Islam merapatkan shaf (barisan) ketika sholat berjamaah. Imbauan ini berlaku untuk daerah hijau atau level 1.
  • Amalan yang Sangat Dianjurkan dalam 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah musim kebaikan. Untuk itu, sudah selayaknya setiap muslim memberikan perhatian yang lebih terhadapnya dengan meningkatkan amal shalehnya pada waktu tersebut.
  • Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.
  • Jumat Pertama Bulan Ramadhan, Berikut 3 Amalan Penggugur Dosa
    Tausyiah
    Jum'at, 08 April 2022 - 03:01 WIB
    Alhamdulillah kita memasuki Jumat pertama bulan Ramadhan bertepatan hari ke-6 puasa atau hari ke-7 menurut perhitungan Hisab (7/4/2022). Berikut 3 amalan penggugur dosa.
  • Yuk, Perbanyak Zikir Ini di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tips
    Sabtu, 10 Juli 2021 - 15:13 WIB
    Walaupun zikir bisa dilakukan kapan dan di mana saja, namun 10 hari awal pertama bulan tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Dan lafadz zikir inilah yang dianjurkan banyak diamalkan.
  • Materi Khutbah Jumat: Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 06:50 WIB
    Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Hari ini kita memasuki 4 Dzulhijjah bertepatan Jumat pertama 23 Juni 2023.
  • 5 Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Nomor 2 Ganjarannya Berlipat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 08:15 WIB
    Hari ini Rabu (6/4/2022) kita memasuki hari ke-4 Ramadhan 1443 H atau hari ke-5 menurut perhitungan Hisab. Ada lima amalan yang dapat kita hidupkan pada 10 hari pertama Ramadhan.