Topik Terkait: Nabi Musa Menangis

  • Ini Lokasi Kaum Nabi Musa yang Dikutuk Menjadi Kera
    Hikmah
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 18:00 WIB
    Lokasi kaum Nabi Musa as atau kaum Sabat yang mendapat kutukan menjadi kera adalah di Kota Aylah. Namun Madyan dan Tabariyya juga disebut sebagai kota tempat tinggal kaum Sabat.
  • Sahabat Nabi Menangis Bukan karena Dunia, Tetapi Ini Sebabnya
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:22 WIB
    Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat Al-Habib Quraisy Baharun dalam satu kajiannya mengatakan, menangis merupakan wujud ketakwaan hati, kesucian sanubari dan kelembutan hati.
  • Batu Membawa Bajunya, Nabi Musa: Wahai Batu Bajuku, Wahai Batu Bajuku!
    Hikmah
    Selasa, 21 April 2020 - 06:13 WIB
    Dulu kebiasaan Bani Israil adalah mandi dalam keadaan telanjang bulat, yang satu sama lain bisa saling melihat auratnya masing-masing. Namun Nabi Musa tidak begitu.
  • Kisah Nabi Musa Menemukan Jodoh dan Doa yang Dibaca Beliau
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 21:12 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam menemukan jodoh bisa jadi motivasi bagi yang sedang mencari pasangan hidup. Berikut kisahnya dan doa yang dipanjatkan Beliau.
  • Kisah Nabi Musa Bertemu Malaikat Maut, Ini yang Terjadi
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2023 - 05:10 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam bertemu Malaikat Maut termasuk di antara kisah-kisah hikmah para Nabi. Kisah ini salah satu tanda kebesaran Allah yang patut kita renungi.
  • Doa Tobat Nabi Musa setelah Menyadari Kesalahannya
    Tips
    Kamis, 28 September 2023 - 11:15 WIB
    Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dengan melakukan pembunuhan terhadap orang yang tidak boleh dibunuh. Maka ampunilah dosaku dan janganlah Engkau siksa aku karena perbuatan yang tidak kusengaja itu.
  • Akhirnya, Nabi Musa Dibikin Telanjang Bulat di Depan Laki-Laki Kaumnya
    Hikmah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 12:50 WIB
    Hingga ketika batu itu sampai di permukaan Bani Israil, mereka melihat Musa yang sehat dan sempurna, tanpa cacat. Luruhlah kebohongan yang dihembuskan oleh orang-orang bodoh.
  • 5 Fakta Mengejutkan Gunung Sinai, Tempat Nabi Musa Menerima Wahyu
    Dunia Islam
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:16 WIB
    Gunung Sinai merupakan gunung yang berada di semenanjung Sinai, Mesir dengan ketinggian 2.285 Mdpl. Gunung ini menyimpan banyak fakta-fakta menarik.
  • Kisah Hikmah : Istri Nabi Musa Alaihisalam yang Pemalu
    Muslimah
    Senin, 21 Februari 2022 - 15:31 WIB
    Nabi Musa alaihissalam memiliki seorang istri yang disifati Allah Taala sebagai perempuan muslimah yang pemalu dan santun. Seorang perempuan yang terpercaya, kuat, pendidikannya sempurna, yang selalu menjaga kesucian diri.
  • Kisah Nabi Musa Mendakwahi Firaun dengan Lembut, Begini Ucapannya
    Hikmah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Nabi Musa alaihissalam diutus oleh Allah untuk mendakwahi Firaun, raja Mesir yang zalim. Beliau diperintahkan berbicara kepada Firaun dengan kelembutan.
  • Kematian, Hanya Nabi Ibrahim dan Nabi Musa yang Bisa Menawar
    Tausyiah
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Tiap insan sudah pasti akan mati. Hanya saja, Nabi Ibrahim dan Nabi Musa bisa menawar kematiannya. Berikut kisah sebagian para Nabi menjelang sakaratul maut.
  • Kisah Suami Istri Mendadak Kaya di Zaman Nabi Musa
    Hikmah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 05:04 WIB
    Nabi Musa alaihissalam adalah seorang Rasul yang diutus kepada Bani Israil. Ada satu kisah penuh hikmah tentang sepasang suami istri yang mendadak kaya di zaman Nabi Musa.
  • Begini Jawaban Nabi Adam saat Nabi Musa Menyalahkannya
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 15:01 WIB
    Kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa as menyalahkan Nabi Adam as sebab lantaran perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.
  • Inilah Doa yang Diucapkan Nabi Musa Saat Membelah Lautan
    Tausiyah
    Senin, 16 Desember 2019 - 07:15 WIB
    Rasulullah SAW pernah bersabda, Barang siapa yang pada waktu pagi hari dalam keadaan mengadu kepada manusia tentang kesulitan hidupnya, maka seakan-akan ia telah mengadukan Tuhannya.
  • Kisah Hikmah : Ketika Nabi Musa Sakit Gigi dan Tanaman Obat
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 09:36 WIB
    Sebuah kisah menarik yang dialami Nabi Musa ketika bergelut dengan sakit gigi. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini bagi kita umat Muslim dalam menghadapi problema kehidupan sehari-hari.
  • Dialog Nabi Musa dan Firaun Tentang Tuhan dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:41 WIB
    Dialog Nabi Musa dengan Firaun tentang Allah Taala terekam dalam surat asy-Syuaraa ayat 23 sampai 29 dan surat Taha ayat 49-54. Begini penjelasannya.
  • Perbedaan Kisah Nabi Muhammad dengan Nabi Musa Ketika Bertemu Allah SWT
    Hikmah
    Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:13 WIB
    Kisah Nabi Muhammad bertemu dengan Allah SWT wajib diimani oleh kita semua sebagai umat Islam. Meskipun ada sebuah peristiwa yang berbeda dengan kisah Nabi Musa ketika bertemu dengan Allah SWT.
  • 7 Nabi yang Pernah Bertemu dengan Nabi Muhammad SAW
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 20:03 WIB
    Ada 7 nabi yang pernah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Mereka adalah Nabi Adam, Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Yusuf, Nabi Idris, Nabi Harun, Nabi Musa, Nabi Ibrahim. Pertemuan ini terjadi dalam peristiwa Isra dan Miraj.
  • Cerita Ajaran: Musa dan Penggembala
    Hikmah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 11:08 WIB
    Ini adalah penjelasan dari sebuah kutipan pendek yang penting dari Matsnawi, karya ar-Rumi, yang telah disampaikan oleh Khawja Fidai dari Kars, dalam Meditations on the Couplet of Our Master Jalaludin ar-Rumi.
  • Doa Nabi Musa ketika Akan Menemui Firaun
    Tips
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 07:42 WIB
    Doa ini dimohonkan Nabi Musa tatkala beliau akan menghadap dan menemui Firaun. Musa berdoa dan memohon kepada Allah untuk dilapangkan dadanya dan dikuatkan mentalnya ketika ia berhadapan dengan Firaun.