Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku' dan Sujud?

loading...
Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku dan Sujud?
Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku' dan Sujud?
Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai jumlah tasbih dan bacaan pada ruku' dan sujud. Penjelasan UAS ini dikutip dari bukunya "77 Tanya-Jawab Seputar Shalat" yang dipersembahkan oleh Tafaqquh Study Club. (Baca Juga: Cara Mengangkat Kedua Tangan Ketika Takbiratul-Ihram)

Berikut Penjelasannya:
Imam Ibnu Qudamah menyebutkan satu riwayat dari Imam Ahmad: Imam Ahmad bin Hanbal berkata dalam risalahnya, "Terdapat riwayat dari Al-Hasan Al-Bashri bahwa ia berkata: "Tasbih yang sempurna itu tujuh, pertengahan itu lima dan yang paling sedikit itu tiga."

Apakah Bacaan pada Ruku'?


Riwayat Pertama:
Rasulullah SAW ketika ruku' mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung) tiga kali". (HR. Abu Daud, at-Tirmizi, Ibnu Majah, ad-Daraquthni dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir).

Riwayat Kedua:

Rasulullah SAW ketika ruku’ mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi wa bihamdihi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan dengan Pujian-Nya) tiga kali". HR Abu Daud, ad-Daraquthni dan al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubra).

Riwayat Ketiga:
Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW banyak membaca pada ruku’ dan sujudnya: "Subhanaka Allahuma wa bihamdika Allahumaghfirli (Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan pujian-Mu Ya Allah ampunilah aku)". (HR. Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal).



Riwayat Keempat:
Dari Mutharrif bin Abdillah bin asy-Syikhkhir, sesungguhnya Aisyah memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah SAW mengucapkan pada ruku' dan sujudnya: "Subbuhun Quddusun Robbul-Malaaikati warruh (Maha Suci, Maha Memberi berkah, Tuhan para malaikat dan Jibril)". (HR. Muslim)

Riwayat Kelima:

Ketika ruku’ Rasulullah SAW membaca: "Allahumma laka raka'tu, wa bika amantu, wa la aslamtu khosya'a laka sam'i wa bashori wa mukhhi wa 'azhmi wa ashobi (Ya Allah kepada-Mu aku ruku', dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu khusyuk telingaku, pandanganku, otakku, tulangku dan urat sarafku". (HR. Muslim)
(rhs)
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

(QS. Al-Hajj:5)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video