Maulid Nabi Al-Barokah Hadirkan Kiyai Moh Farid Cirebon, Ini Pesannya

loading...
Maulid Nabi Al-Barokah Hadirkan Kiyai Moh Farid Cirebon, Ini Pesannya
Maulid Nabi Al-Barokah Hadirkan Kiyai Moh Farid Cirebon, Ini Pesannya
Peringatan Maulid NabiMuhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) yang digelar Pengurus DKM Mushalla Al-Barokah Srengseng Jakarta Barat, Sabtu malam (7/12/2019) menghadirkan kiyai kharismatik asal Cirebon, Jawa Barat, Kiyai Mohamad Fariz NZ sebagai penceramah.

Kiyai yang juga Pemimpin Pondok PesantrenAl-Khiyaroh Buntet Cirebon itu menyampaikan ceramah yang menggugah hati di hadapan sekitar 500-an lebih jamaah yang memadati Jalan Anggrek Srengseng.

Dalam ceramahnya, Kiyai Moh Farid mengawali pujian dan penghormatan yang tinggi kepada junjungan Nabi mulia Sayyidina Muhammad SAWdan keluarga serta para sahabat. Kiyai Farid mengatakan, Nabi Muhammad SAW telah memberi banyak kebaikan yang tak ternilai untuk umatnya.

"Ceramah ini lebih tepat saya sebut mudzakarah yang artinya saling mengingatkan dalam kebenaran. Perlu saling mengingatkan di antara kita," katanya.



Kiyai Farid menerangkan, dalam hadis Nabi SAW disebutkan, siapa orang yang pindah dengan tujuan mengaji (menghadiri majelis ilmu) maka Allah mengampuni orang tersebut sebelum berangkat ke pengajian. Begitu banyak hikmah dan keutamaan menghadiri majelis ilmu.
Maulid Nabi Al-Barokah Hadirkan Kiyai Moh Farid Cirebon, Ini Pesannya

Maulid Nabi itu bukanlah bid'ah seperti yang diklaim sekelompok orang. Bagaimana disebut bid'ah sedangkan Maulid Nabi di dalamnya ada pembacaan Alqur'an, zikir bersama, baca salawat, ada ceramah, ada pembagian bingkisan, dan sebagainya. Semuanya adalah amalan yang baik yang dianjurkan oleh Nabi.

"Kenapa hari lahir Rasulullah diperingati? Karena Beliau makhluk paling mulia, tauladan umat manusia. Dari lahir sampai wafatnya baik dan mulia. Silakan puji Rasulullah sampai setinggi langit, tapi jangan anggap Nabi Muhammad sebagai Tuhan," terang Kiyai Farid.

Rasulullah memiliki rambut paling indah, wajahnya paling indah, akhlaknya paling mulia sejagat raya. Silakan puji Rasulullah, karena Allah juga memuji Beliau. Yang penting tidak menganggapnya Tuhan.



"Dengan Maulid ini kita bisa mengenali sosok Nabi, mengetahui kemuliannya dan mendapatkan banyak ilmu tentang Rasulullah," katanya.
Maulid Nabi Al-Barokah Hadirkan Kiyai Moh Farid Cirebon, Ini Pesannya

Dalam ceramahnya, Kiyai Farid juga menceritakan kisah Abdullah (ayah Nabi SAW) yang diperintahkan mandi, bersuci di sebuah telaga yang suci sebelum melakukan hubungan suami istri.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ حَرۡثَ الۡاٰخِرَةِ نَزِدۡ لَهٗ فِىۡ حَرۡثِهٖ‌ۚ وَمَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ حَرۡثَ الدُّنۡيَا نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا وَمَا لَهٗ فِى الۡاٰخِرَةِ مِنۡ نَّصِيۡبٍ
Barangsiapa menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambahkan keuntungan itu baginya dan barangsiapa menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian darinya (keuntungan dunia), tetapi dia tidak akan mendapat bagian di akhirat.

(QS. Asy-Syura:20)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video