Ustaz Zulkifli Ali: 3 Langkah Agar Terhindar dari Wabah

loading...
Ustaz Zulkifli Ali: 3 Langkah Agar Terhindar dari Wabah
Ustaz Zulkifli Ali: 3 Langkah Agar Terhindar dari Wabah
Ustaz Zulkfili Muhammad Ali (UZMA) yang dijuluki "Dai Akhir Zaman" mengemukakan tiga langkah supaya terhindar dari wabah penyakit. Ketiga langkah ini disampaikannya melalui akun IG @zulkiflima, kemarin.

Beliau menukil salah satu ayat dalam Kitab Suci Al-Qur'an :
اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ

"...Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia". (Surah Ar-Ra'd: 11)

Berikut 3 Langkah Agar Terhindar dari Wabah:
1. Ikhtiar.
Usaha memperbaiki imunitas tubuh (dari dalam) dengan berbagai macam hal yang Rasulullah SAW sunnahkan. Baik dengan mengonsumsi madu, kurma, buah-buahan, dan rutin minum Habbatussauda. Ikhtiar dari luar agar terhindar dari wabah dengan mengikuti apa yang Tim Medis sarankan yaitu social distancing, #dirumahaja, memakai masker dan rajin mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

2. Doa.

Tak lupa untuk senantiasa berdoa kepada Rabb 'Azza wa Jalla agar senantiasa menjaga diri kita dari segala macam marabahaya.

3. Tawakkal.
Menyerahkan serta memasrahkan diri hanya kepada Allah Ta'ala setelah semua ikhtiar yang kita lakukan. Yakin bahwa Allah tak akan menguji hamba-Nya di luar kemampuan sang hamba. Dan percaya bahwa ketentuan Allah adalah yang terbaik.



"Iktiar tanpa doa itu sombong dan doa tanpa ikhtiar itu bohong," kata ustaz yang pernah menimba ilmu di Kuliatul Ulum Al Azhar dan kuliah di Tripoli Libya.

Allahu A'lam
(rhs)
cover top ayah
وَكَذٰلِكَ جَعَلۡنَا فِىۡ كُلِّ قَرۡيَةٍ اَكٰبِرَ مُجۡرِمِيۡهَا لِيَمۡكُرُوۡا فِيۡهَا‌ ؕ وَمَا يَمۡكُرُوۡنَ اِلَّا بِاَنۡفُسِهِمۡ وَمَا يَشۡعُرُوۡنَ
Pada setiap negeri, Kami jadikan pembesar-pembesar yang jahat agar melakukan tipu daya di negeri itu. Tapi mereka hanya menipu diri sendiri tanpa menyadarinya.

(QS. Al-An’am:123)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video