alexametrics

Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan

loading...
Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan
Saatnya Menyiapkan 4 Amalan sebagai Bekal Menyambut Ramadhan
RAMADHAN sebentar lagi. Nisfu Sya'ban jatuh pada 8 April 2020. Sedangkan Ramadhan, diperkirakan pada 24 April 2020. Sudah sewajarnya bagi umat Islam menyiapkan diri dengan amalan-amalan sebagai bekal menyongsong bulan yang dinanti-nantikan itu.

Berikut ini empat amalan yang dapat kita persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

1. Memperbaiki hubungan dengan saudara dan keluarga



Allah berfirman :

فَاتَّقُوا اللَّهَ وَأَصْلِحُوا ذَاتَ بَيْنِكُمْ

Bertakwalah kepada Allah dan perbaiki hubungan diantara kalian”. (QS Al-Anfal Ayat 1)

Memperbaiki kembali hubungan dalam keluarga menyambut ramadhan akan semakin menambah keharmonisan dalam keluarga ketika menjalankan ibadah puasa, karena hati yang bersih akan semakin suci. Maka menjelang ramadhan saatnya untuk saling meminta maaf dan memaafkan.

2. Memperbanyak istighfar dan taubat.

Setiap insan tentulah pernah bersalah dalam kehidupannya. Iman yang selalu naik dan turun, perjalanan hidup yang banyak godaan pasti akan membuat kita pernah terpeleset sehingga terkotori oleh dosa, dan kotoran itu perlu dibersihkan. Maka istighfar dan taubat adalah pembersihnya.

وَمَا كَانَ ٱللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنتَ فِيهِمْ ۚ وَمَا كَانَ ٱللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS. Al-Anfaal: 33)

3. Mempelajari fikih selama bulan Ramadhan

Karena Allah perintahkan manusia untuk berbekal selama perjalanan hidupnya,

…..وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَاأُوْلِي اْلأَلْبَا

"Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa, dan bertaqwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal”. (Q.S. Al-Baqarah : 197)

Untuk bisa menggapai taqwa selama ramadhan, kita harus mengikuti aturan syariat yang berlaku selama bulan mulia itu. Dan satu-satunya jalan untuk bisa mengikuti aturan syariat itu adalah dengan mempelajari aturan terebut dan berusaha mengamalkannya.

Karena itulah, para ulama sejak masa silam, selalu memotivasi kaum muslimin untuk belajar dan belajar. Belajar aturan syariat kemudian berusaha mengamalkannya.

4. Melatih diri dengan puasa sunnah

Untuk menghadapi Ramadhan kita membutuhkan energi yang cukup baik. Salahsatu cara kita untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadhan adalah dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban.

Dari Aisyah ra, ia berkata: “Tidaklah saya melihat Rasulullah menyempurnakan satu bulan puasa kecuali Ramadhan, dan tidaklah saya melihat Rasulullah yang paling banyak puasanya kecuali di bulan Sya’ban. (HR. Bukhori)
(mhy)
cover top ayah
اُدۡعُوۡا رَبَّكُمۡ تَضَرُّعًا وَّخُفۡيَةً‌ ؕ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُعۡتَدِيۡنَ‌
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

(QS. Al-A’raf:55)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak