15 Manfaat Zikir Pagi dan Petang, Mendapat Ampunan Dosa Hingga Terlindung dari Mara Bahaya

Selasa, 09 Mei 2023 - 08:09 WIB
Perlu diketahui jika melakukan zikir pagi dan petang ternyata akan mendapatkan pahala seperti melakukan ibadah haji dan umrah. Tentunya semua itu bisa didapat dengan perbuatan yang ikhlas disertai dengan amalan kebaikan lainnya.

8. Jika Meninggal Akan Masuk Surga

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306)).

Apabila mengucapkan zikir dengan penuh keikhlasan, jika meninggal dunia akan mendapatkan pahala berupa masuk surga. Namun dalam pengucapannya harus disertai dengan penghayatan dan disertai amal baik lainnya.

9. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

“Barangsiapa yang mengucapkan kalimat ‘subhanallah wa bi hamdih’ di pagi dan sore hari sebanyak 100 x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih dari itu.” (HR. Muslim (4/2071, no. 2692)).

Telah disebutkan secara jelas jika umat yang membaca zikir secara rutin dan ikhlas, maka dipastikan akan mendapatkan syafaat di hari akhir kelak.

10. Mendapat Kasih Sayang Allah

“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan sore, Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Setiap orang yang berzikir pada waktu pagi dan petang akan selalu dicintai oleh Allah SWT. Tidak hanya diberikan kasih sayang, Allah juga akan melipat gandakan pahala setiap kebaikan yang ia kerjakan.

11. Upaya Memohon Perlindungan

Zikir dan selalu menyebut asma Allah tentunya sama dengan memohon perlindungan kepada Allah. Di mana dari sekian banyak zikir tentunya ada yang bermakna memohon perlindungan seperti “laa hawla quwwata illa billah”. Bacaan tersebut bisa langsung diamalkan dengan bisa dibuktikan manfaatnya.

12. Mengingatkan kita akan Kehidupan Setelah Kematian

Zikir juga akan mengingatkan kita akan kematian, sehingga membuat kita selalu takut untuk berbuat dosa karena ingat kematian bisa datang kapan saja.

13. Menjauhkan dari Perbuatan Dosa

Dengan selalu mengingat Allah dengan cara berzikir, secara langsung akan mencegah diri kita untuk tidak melakukan perbuatan yang mungkar. Hal tersebut bisa terjadi karena kita akan selalu merasa diawasi oleh Allah akan segala sesuatu yang kita perbuat.

14. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Beribadah

Dzikir tentu akan menambah rasa khyusu’ dalam beribadah, contohnya ketika melaksanakan salat. Hal itu bisa terjadi karena diri kita selalu bersyukur mendapat kesempatan untuk bisa beribadah dan mencari jalan mendekat pada Allah.

15. Terlindung dari Mara Bahaya

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.” (Dibaca 3 x pada petang hari). Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa barangsiapa yang mengucapkan zikir ini di sore hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan mendapat bahaya racun di malam tersebut. (HR. Ahmad 2/290).

Dengan membaca zikir di waktu pagi dan petang dengan ikhlas, zikir dapat menjadi penolong dan pelindung dari bahaya yang akan menimpa siapa saja yangmengamalkannya.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More