5 Tokoh Dunia Keturunan Nabi Muhammad SAW

Kamis, 26 Oktober 2023 - 05:10 WIB


Habib Ali Al-Jufri (lahir 16 April 1971), adalah seorang ulama besar yang kini bermukim di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Habib Ali Al-Jufri lahir di Jeddah Arab Saudi dan menimba ilmu di Hadhramaut Yaman. Beliau merupakan ulama keturunan Nabi Muhammad ﷺ dengan marga Al-Jufri, nasabnya tersambung lewat jalur Sayyidina Husein. Habib Ali Zain al-Abidin bin Abdurrahman bin Ali adalah seorang ulama Islam terkemuka dan penceramah yang masyhur di dunia Muslim. Al-Jifri adalah Direktur Jenderal Yayasan Tabah di UEA, anggota dewan Dar al-Mustafa di Yaman, anggota Institut Pemikiran Islam Royal Aal Al-Bayt di Yordania, dan berafiliasi dengan berbagai organisasi Islam internasional lainnya. The World's 500 Influential Muslims (tokoh muslim berpengaruh di dunia) menempatkan sebagai tokoh muslim ke-23 yang berpengaruh di dunia Tahun 2024.

5. Sayyid Hassan Nasrallah, Petinggi Hizbullah



Sayyid Hassan Nasrallah (lahir 31 Agustus 1960) dikenal sebagai pemimpin Hizbullah. Beliau menjabat Sekjen ketiga partai politik dan paramiliter Lebanon, Hizbullah sejak pendahulunya Abbas al-Musawi wafat dibunuh pasukan Israel. Beliau masuk daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia ke-28 dalam The World's 500 Influential Muslims (tokoh muslim berpengaruh di dunia) Tahun 2024. Hizbullah adalah partai politik Islam Syiah. Nasrallah sering disebut sebagai al-Sayyid Hassan yang menunjukkan bahwa ia adalah keturunan Nabi Muhammad ﷺ melalui jalur Husain bin Ali. Popularitasnya mencapai puncaknya setelah konflik tahun 2006 dengan Israel, ketika banyak Muslim Sunni memandangnya sebagai tokoh pembangkang terhadap Israel.

Selain kelima tokoh dunia keturunan Nabi Muhammad ﷺ di atas, ada beberapa tokoh lain yang cukup populer. Seperti Sayyed Hossein Nasr, seorang Profesor Universitas Studi Islam di Universitas George Washington. Kemudian Sayyid Muhammad Naquib Al-Attas (peringkat 48 The World's 500 Influential Muslims Tahun 2024), lahir di Bogor, Jawa Barat. Kini menjadi cendekiawan dan filsuf muslim di Malaysia. Al-Attas mendirikan sebuah institusi pendidikan tinggi bernama International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) di Kuala Lumpur.

Dari Indonesia, ada sosok berpengaruh yang juga keturunan Nabi Muhammad ﷺ yaitu Habib Lutfi bin Yahya. Beliau menduduki peringkat 33 dalam The World's 500 Influential Muslims (tokoh muslim berpengaruh di dunia) Tahun 2024.

(rhs)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَمَا كَانَ لِنَفۡسٍ اَنۡ تَمُوۡتَ اِلَّا بِاِذۡنِ اللّٰهِ كِتٰبًا مُّؤَجَّلًا ؕ وَ مَنۡ يُّرِدۡ ثَوَابَ الدُّنۡيَا نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ ثَوَابَ الۡاٰخِرَةِ نُؤۡتِهٖ مِنۡهَا ‌ؕ وَسَنَجۡزِى الشّٰكِرِيۡنَ
Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

(QS. Ali 'Imran Ayat 145)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More