Beda Pendapat Ulama tentang Definisi Hadis Qudsi: Apa Bedanya dengan Al-Qur'an?

Kamis, 23 November 2023 - 09:15 WIB
4. Al-Quran teks dan maknanya merupakan mukjizat. Karena itu, tidak ada satupun makhluk yang bisa membuat 1 surat yang semisal al-Quran. Sedangkan Hadis Qudsi teks dan maknanya bukan mukjizat. Sehingga bisa saja seseorang membuat hadis qudsi palsu.

5. Al-Quran bersifat sakral, sehingga orang yang mengingkari satu huruf saja statusnya kafir. Sedangkan Hadis Qudsi tidak sakral, sehingga mengikuti kajian hadis pada umumnya. Karena itu, bisa saja orang tidak menerima hadis qudsi, mengingat status perawinya yang tidak bisa diterima.

6. Al-Quran tidak boleh disampaikan berdasarkan maknanya tanpa teks aslinya persis seperti yang Allah firmankan. Tidak boleh ada tambahan atau pengurangan satu hurufpun. Hadis Qudsi boleh disampaikan secara makna.

7. Al-Quran menjadi mukjizat yang Allah gunakan untuk menantang manusia, terutama masyarakat arab. Sedangkan Hadis Qudsi tidak digunakan sebagai tantangan kepada makhluk Allah lainnya.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.

(HR. Ibnu Majah No. 4183)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More