Rangkaian Peristiwa yang Terjadi Menjelang Tibanya Hari Kiamat

Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:46 WIB
10. Munculnya Api dari barat yang mengumpulkan manusia.

Hari Kiamat

1. Peniupan 2 kali sangkakala oleh Malaikat Israfil. Tiupan pertama, semua makhluk dimatikan oleh Allah Ta'ala. Yang kedua dihidupkan kembali oleh Allah. Selisih waktunya 40 (entah hari, bulan atau tahun). Wallahu A'lam.

2. Ba'ats.

Hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya.

3. Mahsyar.

Hari dikumpulkannya manusia di padang Mahsyar untuk diadili. Semua manusia saat itu mengalami kepayahan karena matahari didekatkan kepada manusia dan manusia dibanjiri oleh keringat. Namun Allah memberi pertolongan kepada 7 golongan yang dinaunginya.(

Baca Juga

4. Syafa'at Nabi

Inilah kelebihan umat Islam mendapat pertolongan dari Nabi Muhammad SAW. Melalui syafaat Nabi, beliau akan menyelamatkan umatnya menjadi ahli surga dan diringankan dosanya atas kehendak Allah Ta'ala.

5. Hisab.

Perhitungan amal baik dan buruk pada saat di dunia. Semua bibir terkunci, hanya anggota tubuh yang berasaksi.

6. Mizan.

Penimbangan amal dan dosa.

7. Ita-ul Kitab.

Pemberian buku catatan amal manusia.

8. Haudh (telaga).

Setiap Nabi memiliki telaga untuk memberi minum umatnya. Hanya ahli surga saja yang diizinkan untuk menikmati telaga tersebut.

9. Shirat.

Jembatan membentang di atas neraka, permukaan titiannya sangat tipis dan tajam, lebih tipis dari rambut. Untuk melewati jembatan ini, sesuai dengan amal kita. Ada yang melewatinya dengan secepat kilat, angin, terbang, berlari. Dan ada juga ynag terjerumus. Na'udzubillahi min dzalik.

10. Surga dan Neraka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More