4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi

Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Foto ilustrasi/ist
Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.

Setiap muslim diwajibkan untuk berzakat untuk membersihkan diri dan juga membersihkan harta yang dimiliki. Namun syarat zakat ini hanya untuk kalangan muslim yang mampu saja.

Sama halnya seperti ibadah lain, zakat ini juga memiliki rukun yang harus dipenuhi untuk membuat amalan ibadah sah. Jika suatu amalan tidak mengikuti rukun maka amalan tersebut hanya akan menjadi tindakan yang sia-sia.

Rukun Zakat Fitrah

1. Niat Zakat Fitrah

Niat zakat fitrah ini terbagi menjadi beberapa bagian, mulai dari niat untuk diri sendiri, untuk istri, anak laki-laki atau perempuan hingga orang yang diwakilkan. Berikut ini bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga :

نَوَيْتُ أن أخرج زكاة الفِطْرِ عَنِّي وَعَنْ جَمِيعِ مَا يَلْزَمُنِي نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى




Arab latin: Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'anni wa 'an jamii'i ma yalzamunii nafaqaatuhum syar'an fardhan lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta'ala."

Secara hukum niat ini sunnah untuk dilafadzkan, sehingga bisa hanya membaca niat di dalam hati sudah cukup.

2. Harta Zakat Fitrah

Zakat fitrah yang dibayarkan berupa makanan pokok seperti beras, atau gandum sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat. Besaran zakat ini adalah 2,5 kg atau 3,5 liter per orang.

3. Pemberi Zakat Fitrah

Bagi orang yang menjadi muzakki atau orang yang berzakat sebaiknya memenuhi beberapa syarat berikut :

- Islam

- Memiliki harta yang halal

- Mempunyai kepemilikan penuh atas hartanya

- Mencapai nisab sesuai hartanya

- Mencapai haul sesuai dengan ketentuannya

- Tidak memiliki hutang

4. Penerima Zakat Fitrah

Terdapat beberapa golongan penerima zakat, berikut ini diantaranya :

- Fakir: Orang miskin yang tidak memiliki harta sama sekali atau harta yang dimilikinya tidak mencapai nisab.

- Miskin: Orang yang miskin dan memiliki harta tetapi tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pokok.
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Handlalah bin Ali bahwa Mihjan bin Al Adra' telah menceritakan kepadanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam masjid, lalu beliau mendapati seorang laki-laki membaca tasyahud seusai shalat yang mengucapkan: Allahumma inni as'aluka Ya Allah Al Ahad As Shamad alladzii lam yalid wa lam yuulad walam yakul lahuu kufuwan ahad antaghfira lii dzunuubi innaka antal ghafuurur rakhiim (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, Dzat yang Maha Esa, Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, semoga Engkau mengampuni dosa-dosaku, sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  Maka beliau bersabda: Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni, Sungguh dosa-dosanya telah di ampuni.

(HR. Sunan Abu Dawud No. 835)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More