Kisah Muslim Menaklukkan Sicilia dengan Mengerahkan 10.000 Pasukan Multi-Etnis

Rabu, 18 September 2024 - 04:16 WIB
Sedangkan di sebelah timurnya terletak teluk Catonia. Kedua pantai teluk ini agak curam, sementara di bagian selatannya landai dan datar.

Belahan baratnya berbukit-bukit memanjang sejajar dengan Italia selatan. Lereng-lereng gunungnya tertutup dengan berjenis-jenis tanaman keras dan hutan lebat yang menjulang tinggi.

Secara geografis, Sicilia dapat menjadi penghubung antara daratan Afrika dengan daratan Eropa. Sicilia dikelilingi oleh pulau-pulau. Hal ini membuat tempat ini sangat setrategis untuk dijadikan wilayah pertahanan bagi imperium Byzantium pada permulaan Islam.

Dapat dipahami bila Constans II sengaja meninggalkan pusat pemerintahannya di Constantinopel menuju Sicilia, dalam rangka memberi perhatian khusus terhadap “bahaya Islam” yang marak dibagian selatan, dan mempertahankan Italia dan Sicilia dari serangan Islam melalui Afrika.

Ahmad A. Aziz dalam "History of Islamic Sicily (Edinburg, University Press, 1975) menyebut Raja Constans II menetap di daerah tersebut sampai ia meninggal pada tahun 668 M.

(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya para pelukis pada hari kiamat akan disiksa. Dikatakan kepada mereka, Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan.

(HR. Ibnu Majah No. 2142)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More