Khotbah Jumat: Membangun Keluarga Sakinah Berdasarkan Al-Qur’an

Kamis, 26 September 2024 - 17:41 WIB
Ayat ini mengajarkan kepada kita bahwa pernikahan adalah tanda kebesaran Allah, di mana suami dan istri dijadikan satu untuk saling mencintai dan menyayangi. Rasa kasih dan sayang dalam keluarga adalah sumber ketenangan dan kebahagiaan.

Jamaah Salat Jumat yang dirahmati Allah,

Untuk mewujudkan keluarga sakinah yang bahagia dunia dan akhirat, kita harus membangunnya di atas lima asas utama:

Pertama, Karamah Insaniyyah (Kemuliaan Manusia): Menempatkan manusia, baik laki-laki maupun perempuan, sebagai makhluk yang dimuliakan Allah. Ini tercermin dalam QS al-Isra ayat 70:



وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا


Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam…” (QS al-Isra: 70).

Kedua, Hubungan Kesetaraan: Dalam keluarga, semua anggota harus diperlakukan setara, tanpa membedakan status atau kedudukan. Allah menegaskan bahwa yang membedakan manusia hanyalah ketakwaannya, sebagaimana firman-Nya dalam QS al-Hujurat ayat 13:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ


Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.”

Ketiga, Keadilan: Setiap anggota keluarga harus diperlakukan dengan adil. Allah memerintahkan kita untuk selalu berlaku adil dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam rumah tangga. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam QS an-Nahl ayat 90:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاۤئِ ذِى الْقُرْبٰى وَيَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ


Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” ( QS an-Nahl : 90).



Keempat, Mawaddah wa Rahmah (Kasih Sayang): Rasa kasih sayang harus selalu ada dalam keluarga, agar setiap anggotanya merasa dihargai dan dilindungi. Allah berfirman dalam QS ar-Rum ayat 21:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ


Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Kelima, Pemenuhan Kebutuhan Dunia Akhirat: Keluarga tidak hanya bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga kebutuhan spiritual. Doa yang selalu kita panjatkan adalah agar Allah memberikan kebaikan di dunia dan akhirat, seperti yang diajarkan dalam QS al-Baqarah ayat 201:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” ( QS al-Baqarah : 201).
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَاَنَّهٗ هُوَ اَضۡحَكَ وَاَبۡكٰىۙ
dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis,

(QS. An-Najm Ayat 43)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More