3 Ayat Terakhir Surat Al-Hasyr, Beserta Manfaatnya

Jum'at, 27 September 2024 - 14:04 WIB
"Dan barang siapa yang membacanya pada hari Jumat, maka ia aman dari bala hingga pagi harinya. Dan barang siapa yang mendirikan salat empat rakaat, ia membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, seraya mengharapkan hajat apa pun yang diinginkannya, maka Allah akan mengabulkan selama ia tidak mengubah maksiat.”

Selanjutnya, Ash-Shadiq berkata, “Barang siapa yang membacanya di malam Jumat, maka ia aman dari bala sampai waktu pagi tiba. Barang siapa yang berwudu ketika memiliki keinginan, lalu ia mendirikan salat empat rakaat dengan membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, sampai selesai empat rakaat itu seraya mengharapkan keinginannya itu, maka Allah akan memudahkan mewujudkan keinginannya itu. Dan barangsiapa yang menulisnya dengan air yang suci dan meminumnya, maka ia akan diberi anugerah kecerdasan dan sedikit lupa, dengan izin Allah.”



Sedangkan fadilat khusus 3 ayat terakhir Surah Al Hasyr adalah sebagai berikut:

1. Terhindar dari Gangguan Setan

Terhindar dari gangguan setan. Hal ini diterangkan dalam sebuah riwayat yang menyebut bahwa sahabat Rasulullah SAW, Abu Ayyub RA, pernah berkata kepada jin,

"Maukah engkau memberi tahu kami surat yang paling utama untuk melindungi diri dari gangguan jin?"

Kemudian jin itu pun menjawab, "Doa paling utama yang dapat melindungi kalian dari gangguan kami yakni beberapa surat dalam Al Quran. Salah satunya yakni surat Al Hasyr ayat terakhir." (HR Ibnu Marduwaih)

Keutamaan terlindungi dari gangguan setan ini turut disebutkan dalam buku Halal-Haram Ruqyah karya Musdar Bustamam Tambusai. Menurut riwayat dari Ali Hasan bin Ali RA yang disebutkan Al Hafiz Abu Musa berkata,

"Aku menjamin orang yang membaca dua puluh ayat berikut ini bahwa ia akan dijaga oleh Allah Ta'ala dari setiap setan yang zalim, dari setiap setan yang jahat, dari setiap serigala yang ganas, dan dari setiap pencuri yang melampaui batas."



2. Didoakan 70 Ribu Malaikat dan Mati Syahid

Orang yang membaca beberapa ayat terakhir surah Al Hasyr akan mendapatkan doa 70 ribu malaikat dan apabila meninggal pada hari itu, maka akan tercatat syahid. Hal ini diterangkan Imam Jalaluddin as-Suyuthi dalam Al-Itqan fi Ulumil Qur'an. Ia menukil sebuah riwayat dari Miqal bin Yassar RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,

"Barang siapa pada waktu pagi hari atau subuh membaca tiga kali taawudz dan membaca tiga ayat terakhir surah Al Hasyr, maka Allah mewakilkan untuknya 70 ribu malaikat yang mendoakannya hingga sore hari dan jika dia meninggal pada hari itu, maka tercatat sebagai syahid. Dan barang siapa yang membacanya ketika sore atau ashar, maka akan kedudukannya sama seperti itu." (HR At Tirmidzi)
(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat shalat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam (yang mendatangi kalian).  Lalu, Allah bertanya kepada mereka (dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka): Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian meninggalkannya?  Mereka (malaikat) menjawab: Kami meninggalkan mereka sedang shalat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang shalat.

(HR. Nasa'i No. 481)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More