Sejarawan Menjadi Pemicu Genosida yang Dilakukan Israel di Gaza

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:02 WIB
Korban kebiadaban Israel. Foto/Ilustrasi: MEE
FOTO seorang gadis berusia 11 tahun dengan luka bakar napalm berlari telanjang di jalan di Vietnam dianggap sangat mengejutkan pada tahun 1972 hingga memenangkan Penghargaan Pulitzer.

"Teror Perang" menjadi gambar ikonik Perang Vietnam.

Saat ini di Gaza dan Lebanon , ada begitu banyak gambar orang-orang yang terbakar, tenda-tenda yang terbakar, mayat-mayat yang ditumpuk di jalan-jalan kamp pengungsi Jabalia, dan para penyintas yang berkerak debu keluar dari reruntuhan dengan tubuh tak bernyawa anak-anak mereka di tangan mereka, tetapi tidak ada yang peduli untuk menerbitkannya.

Gambar-gambar "Teror Perang" yang dilakukan oleh Israel di Gaza atau Lebanon tidak diajukan untuk Penghargaan Pulitzer. Gambar-gambar itu juga tidak memancing pernyataan kecaman atau rasa jijik dari presiden AS atau perdana menteri Inggris.



Para Editor Terlalu Takut

Mengatakan bahwa Israel sengaja membunuh anak-anak di Gaza adalah "fitnah berdarah" yang mengingatkan novelis Inggris Howard Jacobson tentang pogrom orang Yahudi di Inggris abad ke-13, yang dipicu oleh rumor bahwa mereka memakan sisa-sisa anak-anak Kristen dalam roti Matzah.

Namun, David Hearst dalam artikelnya berjudul "An ever expanding Israel will pave the way for its demise" mengatakan pasukan Israel sengaja membunuh wanita dan anak-anak di Gaza dan Lebanon dan opini domestik di Israel mendorong tentara mereka untuk terus melakukannya.

Salah satu pendiri dan pemimpin redaksi Middle East Eye ini

mengatakan tidak ada tabu dalam perdebatan di Israel tentang solusi akhir untuk Gaza utara atau Lebanon selatan. Tidak ada keraguan tentang penggunaan kata-kata seperti "pemusnahan".

"Inilah yang dilakukan Uzi Raby, salah satu pakar Timur Tengah yang paling dicari di Israel," katanya sebagaimana dilansir Middle East Eye.

Raby yang dosen senior di departemen studi Timur Tengah dan Afrika di Universitas Tel Aviv itu mengatakan dalam sebuah wawancara TV bulan lalu: "Siapa pun yang tinggal di sana (Gaza utara) akan diadili oleh hukum sebagai teroris dan akan menjalani proses kelaparan atau proses pemusnahan."



Rencana Jenderal

Menurut David Hearst, sejarawan di Israel bukanlah penghambat pembicaraan tentang genosida. Mereka adalah pemicunya.

Raby mengatakan bahwa Israel seharusnya tidak mencoba memecahkan masalah di wilayah tersebut dengan cara-cara Barat yang ceroboh, seraya menambahkan bahwa tindakan Israel akan dibumbui dengan "bumbu Timur Tengah".

Benny Morris, yang dulu merupakan salah satu "sejarawan baru" yang mengungkap pembantaian yang dilakukan Israel pada tahun 1948, kini ingin mengebom Iran dengan nuklir.

Rencana yang diperdebatkan para sejarawan ini telah dicetuskan oleh mantan jenderal angkatan darat, Giora Eiland. Eiland mengakui bahwa taktik Israel di Gaza telah gagal. Ia mencatat bahwa setiap kali mereka membersihkan wilayah dari pejuang Hamas dan mundur, Hamas muncul kembali.

Namun, Eiland bukanlah seorang yang suka berpihak.

Solusinya bukanlah bernegosiasi. Solusinya adalah memaksa 400.000 penduduk di Gaza utara keluar dengan memberi mereka pilihan untuk kelaparan atau mati. Menurut Eiland, ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan perang Israel.



Rencana ini telah mendapat dukungan luas di angkatan darat, Knesset, dan media. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa ia sedang mempelajarinya.

Rencana Eiland jauh dari sekadar pemikiran yang muluk-muluk. Netanyahu menugaskan asisten utamanya Ron Dermer Desember lalu untuk mempertimbangkan cara-cara "menipiskan Gaza".

Banyak orang saat ini percaya bahwa militer sudah melaksanakan sebagian dari rencana tersebut. Militer telah mengeluarkan perintah pengusiran yang disebutkan dalam rencana tersebut sebagai tahap pertama.

Kunci taktik pengepungan Eiland, koridor Netzarim yang membelah jalur selatan Kota Gaza, telah dibangun dan dipersenjatai dengan garnisunnya sendiri.

Pada saat pembangunannya Februari lalu, Shimon Orkabi, letnan kolonel yang bertanggung jawab untuk mengaspal jalan tersebut, mengatakan salah satu tujuan jalan tersebut adalah untuk "mencegah jalur dari selatan ke utara dan mengendalikannya dengan sangat tepat".

Tiga tentara yang bertugas di Gaza mengatakan kepada Haaretz pekan ini bahwa rencana tersebut sedang dilaksanakan.

"Tujuannya adalah memberi penduduk yang tinggal di utara wilayah Netzarim tenggat waktu untuk pindah ke selatan jalur tersebut. Setelah tanggal ini, siapa pun yang akan tetap berada di utara akan dianggap sebagai musuh dan akan dibunuh," kata seorang tentara yang ditempatkan di koridor Netzarim.



Mesin Pembunuh

Pembunuhan tanpa pandang bulu juga sudah terjadi. Di tengah-tengah serangan bom tanpa henti, quadcopter, dan bom seberat 2000 pon yang dijatuhkan di tenda-tenda, Israel telah memperkenalkan mesin pembunuh terbaru: robot peledak yang mampu menghancurkan enam rumah berturut-turut.

Penduduk Gaza utara telah mengalami "penghancuran dengan bahan peledak" dengan intensitas yang asing bahkan bagi mereka, setelah bertahan hidup selama setahun dalam perang habis-habisan.

Seorang jurnalis yang tinggal di lubang neraka ini mengatakan kepada MEE: "Pengeboman ini berbeda dari apa yang kami alami sebelumnya. Suara ledakan penghancuran sangat keras."

"Meskipun demikian, orang-orang, khususnya di Jabalia, tidak beranjak dari rumah mereka. Orang-orang mengatakan kami lebih baik mati di jalanan daripada pergi ke selatan karena bahkan orang-orang di selatan telah mengatakan, 'lebih baik mati di Kota Gaza daripada mati di selatan', karena meskipun kematian itu sama, kehidupan di selatan tidak tertahankan dan jauh lebih sulit daripada di utara. Orang-orang tinggal di tenda-tenda dan hidup dalam kehinaan.

Pembantaian yang terjadi setiap hari didorong dengan antusias. Semakin banyak warga Palestina menolak pindah, semakin banyak suara di Israel, seperti komentator populer Eliahu Yusian, yang menyatakan bahwa "tidak ada warga sipil yang tidak bersalah" di Gaza.



Profesor Avi Bareli, dosen tentang Israel dan sejarah Zionisme di Universitas Ben-Gurion, menulis Oktober lalu bahwa Palestina adalah "masyarakat yang memuja kematian dan mengibarkan panji pembunuhan".

Raby, Bareli, Morris, dan semua jenderal serta prajurit yang melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil cukup aman.

Mereka tidak perlu, dan tidak boleh, takut ditangkap saat mereka mampir ke Oxford Street di London untuk berbelanja Natal atau menonton musikal West End terbaru, karena sama sekali tidak ada kecaman atau tekanan dari negara-negara yang jumlahnya semakin sedikit yang masih mendukung Israel.
(mhy)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Dari Ibnu Umar dari Hafshah ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidak ada puasa bagi yang tidak berniat di waktu malamnya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 1690)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More