Kisah Jenazah Ditunggui Ular di Liang Lahat Ternyata Ini Sebabnya

Selasa, 02 Maret 2021 - 22:05 WIB
3. Hai anak Adam, anda tertawa di atas punggungku dan akan menangis di dalam perutku.

4. Hai anak Adam, anda bergembira di atas punggungku dan akan berduka di dalam perutku.

5. Hai anak Adam, anda berbuat dosa di atas punggungku, maka akan tersiksa di dalam perutku.

Sayyidina Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu ketika berhenti di atas kubur, beliau menangis. Maka beliau ditegur sahabat lainnya: "Engkau jika menyebut surga dan neraka tidak menangis, tetapi kau menangis karena kubur?"

Sayyidina Utsman menjawab: " Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah bersabda yang artinya kubur itu pertama tempat menuju akhirat. Maka bila selamat dalam kubur, maka yang di belakangnya lebih ringan. Dan jika tidak selamat di dalam kubur maka yang di belakangnya lebih berat daripadanya."

Amalan Agar Terhindar dari Siksa Kubur

Selain menjauhi dosa dan sifat-sifat tercela di atas, ada satu amalan yang dapat melindungi seseorang dari siksa kubur. Dari Abdullah bin Mas'ud RA , ia berkata, "Barang siapa membaca 'Tabarakalladzi bi yadihil Mulk' (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur."

Kami di masa Rasulullah صلى الله عليه وسلم menamakan surat tersebut 'Al-Mani'ah' (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan". (HR An Nasai dalam Al-Kabir 6/179 dan Al-Hakim. Imam Hakim mengatakan bahwa sanad hadis tersebut shahih).



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَ اِذۡ اَخَذَ رَبُّكَ مِنۡۢ بَنِىۡۤ اٰدَمَ مِنۡ ظُهُوۡرِهِمۡ ذُرِّيَّتَهُمۡ وَ اَشۡهَدَهُمۡ عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ‌ ۚ اَلَسۡتُ بِرَبِّكُمۡ‌ ؕ قَالُوۡا بَلٰى‌ ۛۚ شَهِدۡنَا ‌ۛۚ اَنۡ تَقُوۡلُوۡا يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ اِنَّا كُنَّا عَنۡ هٰذَا غٰفِلِيۡنَ
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap roh mereka seraya berfirman, Bukankah Aku ini Tuhanmu? Mereka menjawab, Betul Engkau Tuhan kami, kami bersaksi. Kami lakukan yang demikian itu agar di hari Kiamat kamu tidak mengatakan, Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini.

(QS. Al-A'raf Ayat 172)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More