Piagam Madinah dan Terusirnya Kaum Yahudi dari Tanah Suci

Rabu, 30 Juni 2021 - 14:16 WIB
Namun begitu minyaknya hampir habis, barulah Saudi menerapkan pajak dan bea masuk. Kalau kita bandingkan dengan para muhajirin yang bermigrasi ke Madinah, maka kita belum menemukan faktor keuntungan secara finansial yang membuat mereka tertarik untuk menerima kedatangan para muhajirin.

Namun dalam kenyataannya, para Muhajirin ini tetap dibukakan pintu dan disambung dengan tangan terbuka. Tentu saja alasannya adalah kesamaan iman dan sikap saling bantu dan saling tolong yang merupakan bagian dari ibadah yang besar nilai pahalanya di sisi Allah.

Intinya, kita hanya bisa mengatakan bahwa faktor diterimanya para muhajirin di Madinah semata-mata ikhlas membantu sesama muslim. Tidak ada potensi lain seperti misalnya potensi ekonomi atau pun potensi lainnya.

Maka disitulah terletak pentingnya ada Bai'at Aqabah dua jilid yaitu yang pertama dan kedua. Sebab bisa saja di tengah proses hijrah, muncul keresahan di Madinah dalam hal ekonomi misalnya, sehingga tiba-tiba mereka membatalkan niat baik.

Namun dengan dasar ikatan dua kali bai’at, maka dengan sendirinya penduduk Madinah jadi terikat untuk jalan terus dan tidak boleh membatalkan kesepakatan secara sepihak di tengah jalan. Walau sepahit apapun keadaanya. Dan memang itulah yang terjadi.

2. Kaum Anshar

Secara bahasa makna Anshar adalah penolong. Pengertian Anshar adalah sebutan bagi penduduk Madinah yang sudah memeluk agama Islam sebelumnya dan menerima kedatangan arus gelombang hijrah dari Mekkah.

Karena yang mereka lakukan memang semata-mata hanya menolong saja, tidak ada imbal baliknya dari segi apapun. Pokoknya imbalannya hanya dari Allah saja. Sebagaimana umumnya penduduk Madinah, kebanyakan orang-orang Anshar ini hidup bukan dari perdagang tetapi dari bercocok tanam. Umumnya mereka bekerja di ladang-ladang kurma. Karena Madinah memang terkenal sebagai daerah penghasil kurma.

Secara lokasi, posisi Kota Madinah berada pada paling utara jazirah Arabia. Sehingga bila orang dari negeri Syam dan sekitarannya mau bepergian ke Mekkah, pastinya melewati Kota Madinah.

Hubungan Nabi Muhammad SAW dengan kota Madinah ini cukup erat, karena ayahanda beliau, Abdullah bin Abdil Muththalib wafat dan dikuburkan di Madinah.

Dan ketika Beliau masih kanak-kanak, pernah juga diajak berziarah ke makan ayahandanya itu. Sehingga boleh dibilang bahwa Madinah sebelum didatangi Nabi SAW saat hijrah, ternyata juga pernah didatangi Beliau ketika masih kecil.

Salah satu alasan mengapa kalangan Arab Madinah lebih mudah untuk menerima ajaran Islam yang notabene juga merupakan ajaran agama samawi adalah karena keberadaan orang-orang Yahudi yang banyak bertadangan ke Madinah.

Kalangan Yahudi ini banyak bercerita terkait kabar akan datangnya nabi terakhir dengan segala ciri dan sifatnya, dan mereka berhasil menanamkan kepada penduduk Madinah bahwa suatu hari negeri mereka itu akan didatangi oleh nabi terakhir itu.

Begitu orang Madinah melaksanakan ibadah haji ke Mekkah, mereka pun bertemu langsung dengan Rasulullah SAW dan langsung membenarkan agama yang dibawanya, bahkan mereka siap menyatakan diri masuk Islam. Sehingga di sela-sela ritual haji itu sempat terjadi proses dua kali bai’at di Mina.

Sebagai tuan rumah yang kedatangan tamu dengan segala beban ekonomi dan sosialnya, orang-orang anshar ini tentu besar sekali peranannya dalam lika-liku perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW. Kisah kebaikan mereka dalam menampung para muhajirin tentu tidak bisa dikecilkan dalam sejarah perjuangan umat Islam di generasi pertama.

Oleh karena itulah dalam Piagam Madinah, jati diri kelomok anshar menjadi bagian yang teramat penting untuk ditegaskan hak dan kewajibannya.

3. Kaum Yahudi

Pihak yang ketiga dalam Piagam Madinah adalah kelompok Yahudi. Mereka bukan penduduk asli Madinah, mereka adalah pendatang dari negeri Syam.

Namun latar-belakang kedatangan mereka cukup menarik untuk dikaji, yaitu karena mereka telah membaca kitab suci yang turun kepada nabi mereka bahwa akan ada nabi yang terakhir utusan Allah dalam sejarah para nabi dan rasul. Dan disebutkan bahwa kedatangannya akan terjadi di Madinah.

Maka berdatanganlah orang-orang yahudi ke Madinah sejak awal sekali. Sehingga sebuah riwayat menyebutkan bahwa awalnya Madinah itu bernama Yastrib, yaitu nama pendatang pertama dari kalangan Yahudi di Madinah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Rabb Tabaaraka wa Ta'ala kita turun di setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman: Siapa yang berdo'a kepadaKu pasti Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu pasti Aku penuhi dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku pasti Aku ampuni.

(HR. Bukhari No. 1077)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More