Piagam Madinah dan Terusirnya Kaum Yahudi dari Tanah Suci

Rabu, 30 Juni 2021 - 14:16 WIB
Barulah ketika Nabi SAW tiba hijrah, penamaan Yatsir diubah menjadi Al-Madinah Al-Munawwarah. Keberadaan kalangan Yahudi di Madinah menjadi unik karena ceritanya jadi berbelok tajam sekali. Mereka yang awalnya menyambut kedatangan Nabi Muhammad SAW dan mengabarkan berita kedatangan nabi terakhir, justru mereka sendiri yang mengingkari kenabian Muhammad SAW.

Padahal orang asli Madinah yaitu kaum Anshar sudah terlanjur masuk Islam dan memeluk agama yang dibawanya. Bahkan mereka telah berbai’at kepada Nabi Muhammad SAW sampai membuka pintu selebar-lebarnya untuk kedatangan Nabi Muhammad SAW dan para muhajirin.

Ternyata di kemudian hari justru Yahudi lah yang menjadi tokoh antagonisnya. Mereka banyak sekali berulah yang menyebabkan akhirnya mereka terusir dari Madinah. Ini sungguh dramatis, mirip cerita Iblis yang awalnya baik-baik tapi endingnya sangat buruk.

Dan salah satu rahasia kekuatan Nabi shallalahu 'alaihi wasallam untuk bisa mengusir kekuatan Yahudi dari Madinah adalah karena sejak awal mereka diikat dengan Piagam Madinah.

Semoga kisah ini dapat menambah khazanah kelimuan kita betapa pengkhianatan itu endingnya selalu tidak baik.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ تَـنۡصُرُوا اللّٰهَ يَنۡصُرۡكُمۡ وَيُثَبِّتۡ اَقۡدَامَكُمۡ
Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong agama Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

(QS. Muhammad Ayat 7)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More