Dahsyatnya Mandi Sebelum Subuh, Berikut 7 Manfaatnya

Minggu, 05 September 2021 - 22:18 WIB
Setelah waktu Isya, merupakan waktu dimana jantung kita butuh beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung permanen jika kita lakukan secara terus menerus. Selain itu, mandi pada waktu setelah Isya bisa mengakibatkan penyakit reumatik.

Jika anda tak memiliki waktu yang tepat untuk mandi, berikut waktu alternatif yang dianjurkan untuk mandi. Waktu yang direkomendasikan ini mengandung manfaat untuk tubuh.

1. Mandi di waktu Subuh atau sebelum Subuh

Mandi sebelum subuh sangat dianjurkan, karena mengandung ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda. Rasululah SAW selalu melakukan mandi sebelum subuh, karena mandi di waktu ini akan menguatkan daya tahan tubuh.

2. Mandi di Waktu Ashar

Mandi pada waktu Ashar atau sekitar pukul 15.00 Wib akan membuat tubuh lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu Ashar juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak akan mudah terkena penyakit.

Manfaat Mandi di Sepertiga Akhir Malam

Mandi di sepertiga akhir malam sebelum memulai rangkaian Qiyamullail (sholat malam). Jika ditinjau dari kesehatan ternyata memiliki manfaat yang sangat besar. Mandi yang biasa kita lakukan pada pagi hari memang memiliki pengaruh besar untuk memulai aktivitas setelah tubuh menyisakan lelah setelah berjam-jam tidur di malam hari.

Rasa kantuk tentunya tak mudah hilang hanya dengan berwudhu atau cuci muka. Tubuh akan terasa segar dan bersemangat untuk memulai aktivitas setelah mendapat siraman air dingin yang menyegarkan.

Demikian keistimewaan dan manfaat mandi sebelum Subuh. Semoga Allah memberi taufik-Nya kepada kita agar mudah mengamalkannya.

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Ibnu Umar dari Hafshah ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tidak ada puasa bagi yang tidak berniat di waktu malamnya.

(HR. Sunan Ibnu Majah No. 1690)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More