Membaca Shadaqallahul 'Azhim, Benarkah Bid'ah?

Senin, 01 Juni 2020 - 10:00 WIB
4. Imam Syihabuddin Ar Ramli Rahimahullah.

Dalam Nihayatul Muhtaj dia mengatakan:

لَوْ قَالَ صَدَقَ اللَّهُ الْعَظِيمُ عِنْدَ قِرَاءَةِ شَيْءٍ مِنْ الْقُرْآنِ قَالَ م ر يَنْبَغِي أَنْ لَا يَضُرَّ "Seandainya dia berkata Shadaqallahul 'Azhim saat membaca bagian dari Al-Qur'an , (berkata Ar Rafi’i) maka itu tidak memudharatkan (tidak mengapa).

5. Imam Abu Hafs Umar Al Wardi Rahimahullah.

Dalam Syarhul Bahjah Al Wardiyah, beliau berkata:

كُلُّ مَا لَفْظُهُ الْخَبَرُ نَحْوُ صَدَقَ اللَّهُ الْعَظِيمُ أَوْ آمَنْتُ بِاَللَّهِ عِنْدَ سَمَاعِ الْقِرَاءَةِ بَلْ قَالَ شَيْخُنَا ز ي : لَا يَضُرُّ الْإِطْلَاقُ فِي هَذَا

"Semua yang dilafazhkannya, seperti Shadaqallahul 'Azhim atau amantu billah, ketika mendengar bacaan Al-Qur'an, bahkan syeikh kami berkata: Tidak memudharatkan secara muthlak dalam hal ini (alias boleh)."

6. Imam An Nawawi Rahimahullah.

Dalam Al Majmu' beliau mengatakan:

ثم صدق الله العظيم ” يسئلونك عن الاهلة قل هي مواقيت للناس والحج

"Kemudian Shadaqallahul ‘Azhim "Yas aluunaka ‘anil ahilah qul hiya mawaqitu linnas."

7. Syeikh Dhiya’ Al Mishri.

Dalam Fathul Manan mengatakan:

ويستحب للقارىء إذا انتهت قراءته أن يصدق ربه ويشهد بالبلاغ لرسوله صلى الله عليه وسلم ويشهد على ذلك أنه حق فيقول: صدق الله العظيم، وبلغ رسوله الكريم، ونحن على ذلك من الشاهدين.

"Dianjurkan bagi pembaca Al-Qur'an , jika telah selesai hendaknya dia membenarkan Tuhannya, dan bersaksi atas tabligh yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dan bersaksi bahwa itu adalah kebenaran, maka hendaknya membaca: Shadaqallahul ‘Azhim, wa balagha Rasuluhul karim, wa nahnu 'ala dzalika minasy syahidin."

8. Syeikh Athiyah Saqr, Mufti Mesir.

Ketika ditanya apa hukum membaca Shadaqallahhul ‘Azhim. Beliau mengkritik dan memberi peringatan kepada orang-orang yang gampang membid'ahkan termasuk masalah ini.

قل صدق الله فاتبعوا ملة إبراهيم حنيفا

Katakanlah: "Benarlah (apa yang difirmankan) Allah". Maka ikutilah agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang musyrik (Q.S. Ali Imran: 95)

Al-Qurthubi dalam muqaddimah tafsirnya mengatakan bahwa menurut Imam Al Hakim dan Imam At Tirmidzi mengucapkan kalimat shadaqallahu al-azhim setelah selesai membaca Al-Qur'an merupakan salah satu bentuk adab membaca Al-Qur'an .(Baca Juga: 4 Tingkatan Membaca Al-Qur'an, Kamu yang Mana?)

Wallahu Subhanahu wa Ta'ala A'lam
Halaman :
Follow
cover top ayah
اِنَّ الۡمُجۡرِمِيۡنَ فِىۡ عَذَابِ جَهَنَّمَ خٰلِدُوۡنَ (٧٤) لَا يُفَتَّرُ عَنۡهُمۡ وَهُمۡ فِيۡهِ مُبۡلِسُوۡنَ‌ۚ‏ (٧٥) وَمَا ظَلَمۡنٰهُمۡ وَ لٰـكِنۡ كَانُوۡا هُمُ الظّٰلِمِيۡنَ (٧٦) وَنَادَوۡا يٰمٰلِكُ لِيَقۡضِ عَلَيۡنَا رَبُّكَ‌ؕ قَالَ اِنَّكُمۡ مّٰكِثُوۡنَ (٧٧) لَقَدۡ جِئۡنٰكُمۡ بِالۡحَـقِّ وَلٰـكِنَّ اَكۡثَرَكُمۡ لِلۡحَقِّ كٰرِهُوۡنَ (٧٨)
Sungguh, orang-orang yang berdosa itu kekal di dalam azab neraka Jahanam. Tidak diringankan (azab) itu dari mereka, dan mereka berputus asa di dalamnya. Dan tidaklah Kami menzhalimi mereka, tetapi merekalah yang menzhalimi diri mereka sendiri. Dan mereka berseru, Wahai Malaikat Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja. Dia menjawab, Sungguh, kamu akan tetap tinggal di neraka ini. Sungguh, Kami telah datang membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu.

(QS. Az-Zukhruf Ayat 74-78)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More