4 Nabi yang Dipercaya Masih Hidup, 2 Berada di Langit

Sabtu, 19 Maret 2022 - 18:38 WIB
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

إِنَّمَا سُمِّيَ الْخَضِرَ أَنَّهُ جَلَسَ عَلَى فَرْوَةٍ بَيْضَاءَ، فَإِذَا هِيَ تَهْتَزُّ مِنْ خَلْفِهِ خَضْرَاءَ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi bersabda: "Sesungguhnya ia dinamakan al-Khadhir karena ia duduk di atas rumput yang berwarna putih, maka tiba-tiba ia (rumput itu) bergerak dari belakangnya dan menjadi berwarna hijau (Khadhraa')."

Khadir adalah orang yang ditemui Nabi Musa seperti dikisahkan dalam Surat Al-Kahfi. Khadir memiliki keutamaan dan anugerah yang diberikan oleh Allah sehingga ia bisa mengetahui apa yang tidak diketahui oleh Nabi Musa.

Kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah Nabi Musa dan Khadir, seperti adab dengan seorang guru. Hendaknya seorang murid tidak terlalu banyak bertanya, dan Allah memberi pengetahuan kepada sebagian orang dan tidak memberikannya pada sebagian yang lain.

Selain Nabi Khidir dan Nabi Ilyas, ada dua Nabi yang diyakini masih hidup dan berada di langit yaitu Nabi Isa 'alahissalam dan Nabi Idris 'alaihissalam. Nabi Isa dipercaya masih hidup karena Allah mengangkatnya ke langit ketika beliau hendak disalib oleh orang-orang kafir pada zamannya.

Kemudian Nabi Idris memiliki cerita yang hampir sama dengan Nabi Ilyas. Ketika nyawanya hendak dicabut, beliau memohon kepada Allah agar dihidupkan kembali setelah diwafatkan. Beliau juga dikisahkan pernah melakukan perjalanan ke neraka dan meninggalkan sandalnya di surga. Wallahu A'lam!

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.

(HR. Ibnu Majah No. 4183)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More