Ulama Indonesia yang Paling Banyak Menulis Kitab

Rabu, 23 Maret 2022 - 07:45 WIB
- Al Manhajul Masyru’ fil Mawarits

- Dhaus Siraj Pada Menyatakan Cerita Isra’ dan Mi’raj

- Shulhul Jama’atain fi Jawaz Ta’addudil Jumu’atain

- Al Jawahir Al Faridah fil Ajwibah Al Mufidah

- Fathul Mubin Liman Salaka Thariqil Washilin.

4. KH Muhammad Hasyim Asy'ari (1287-1366 H)

Beliau lahir Tahun 1287 Hijriyah (1871 Masehi) di Pesantren Gedang, Tambakrejo, Kabupaten Jombang dan wafat Tahun 1366 H atau 1947 Masehi. Beliau dijuluki Hadratussyaikh yang berarti Maha Guru dan telah hafal Kutubus Sittah (Hadits 6 Riwayat).

Sosok ulama pendiri NU ini dikenal sangat produktif menulis kitab. Salah satu karya populernya adalah "Risalah Ahlussunnah wal Jama'ah: Fi Hadistil Mauta wa Asyrathissa'ah wa Bayani Mafhumissunnah wal Bid'ah" (paradigma Ahlussunah wal Jama'ah: pembahasan tentang orang-orang mati, tanda-tanda akhir zaman, penjelasan sunnah dan bid'ah).

Karya-karya KH Hasyim Asy'ari yang disunting oleh cucu beliau KH Isham Hadziq, antara lain:

- Adabul-'Alim wal-Muta’allim

- Risalah Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah

- Al-Tibyan fi Nahy Muqatha’ah al-Arham

- An-Nurul-Mubin fi Mahabbati Sayyidil-Mursalin

- Ziyadah at-Ta’liqat

- At-Tanbihat al-Wajibat li Man Yashna’ al-Maulid bil-Munkarat.

5. Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani (1915-1990 Masehi)

Beliau adalah ulama asal Sumatera Barat yang dikenal sebagai ahli sanad hadist, ilmu falak, bahasa Arab, dan pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah, Mekkah. Beliau merupakan putra ulama terkenal, Syekh Muhammad Isa Al-Fadani asal Padang.

Selain aktif mengajar, Syekh Yasin Al-Fadani dikenal rajin menulis kitab. Jumlah karyanya mencapai 97 kitab, di antaranya 9 buku tentang ilmu hadist, 25 buku tentang ilmu dan ushul fiqih, serta 36 buku tentang ilmu falak. Buku-bukunya banyak dibaca para ulama dan menjadi rujukan lembaga-lembaga Islam, pondok pesantren, baik itu di Arab Saudi maupun di Asia Tenggara.

Kitabnya yang paling terkenal: "Al-Fawaid al-Janiyyah", menjadi materi silabus dalam mata kuliah ushul fiqih di Fakultas Syariah Al-Azhar Kairo. Berikut karya Syekh Yasin Al-Fadani:

- Al-Durr al-Mandlud Syarh Sunan Abi Dawud, 20 Juz
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Rabb Tabaaraka wa Ta'ala kita turun di setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman: Siapa yang berdo'a kepadaKu pasti Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu pasti Aku penuhi dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku pasti Aku ampuni.

(HR. Bukhari No. 1077)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More