3 Profesi Pekerjaan Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Kamis, 31 Maret 2022 - 16:40 WIB
Dikisahkan, suatu ketika Rasulullah SAW bertemu dengan Sa'ad Bin Mu'adz Al-Anshary dan bersalaman, Beliau merasakan telapak tangan Sa'ad yang kasar dan kering. Sa'ad Bin Mu'adz Al-Anshari memang tidak begitu dikenal. Namanya tidak sepopuler Abdurrahman bin 'Auf, saudagar kaya yang dermawan.

Rasulullah bertanya apa sebabnya. Sa'ad menjawab: "Saya membajak tanah untuk keluarga saya Ya Rasulullah". Mendengar jawaban itu, Rasulullah mencium tangan Sa'ad bin Mu'adz dan berkata: "Inilah tangan yang tak akan disentuh api neraka".

Sahabat lain yang tangannya pernah dicium Rasulullah yaitu Mu'adz bin Jabal. Suatu ketika Rasulullah merasakan tangan sahabat Mu'adz bin Jabal begitu kasar dan tebal ketika bersalaman. Rasullullah bertanya kepada Mu'adz dan ia menjawab bahwa tangannya kasar karena ia gunakan untuk bekerja keras mencari nafkah. Tangan yang kasar dan keras itu kemudian dicium Rasulullah dan bersabda: "Kedua tangan ini tidak akan disentuh api neraka!"

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
كُلُّ نَفۡسٍ ذَآٮِٕقَةُ الۡمَوۡتِ‌ؕ وَنَبۡلُوۡكُمۡ بِالشَّرِّ وَالۡخَيۡرِ فِتۡنَةً‌  ؕ وَاِلَيۡنَا تُرۡجَعُوۡنَ
Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

(QS. Al-Anbiya Ayat 35)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More