Tata Cara Bersiwak Sesuai Sunnah Rasulullah dan Keutamaannya

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:30 WIB
Namun, sebaik-baik jenis siwak adalah dari pohon Arak, karena ia memiliki aroma yang wangi dan serabutnya dapat membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

Cara bersiwak yang dicontohkan Nabi yaitu memulainya dari sebelah kanan. Hal ini tertera dalam hadis Ummul Mukminin Aisyah yang artinya: "Adalah menyenangkan Rasulullah untuk memulai dengan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, ketika bersuci, dan dalam semua keadaan." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Kemudian, Siwak diqiyaskan dengan wudhu. Bersiwak dianjurkan untuk dimulai dengan gerakan menyamping. "Apabila kalian minum maka minumlah dengan cara menghisap. Dan apabila kalian bersiwak maka bersiwaklah secara melebar." (HR. Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra)

Terakhir, dianjurkan mencuci kayu siwak sebelum dan sesudah digunakan. Hal ini dijelaskan hadis berikut.

"Rasulullah SAW pernah memberikan siwak kepadaku untuk dicuci. Kemudian aku memakainya untuk bersiwak. Lalu aku mencucinya dan memberikannya kepada beliau." (HR. Abu Dawud)

Bersiwak itu disukai (mustahab/sunnah) di semua waktu. Namun lebih ditekankan pada lima keadaan berikut:

1. Saat hendak berwudhu.

2. Hendak sholat.

3. Hendak membaca Al-Qur'an.

4. Bangun dari tidur.

5. Saat bau mulut berubah.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah Ayat 284)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More