Gambaran Kenikmatan dan 15 Nama Surga Menurut Al-Quran

Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:40 WIB
Pandangan ini didasarkan pada hadis Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Siapa yang bersedekah sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari pintu shalat, jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari pintu sedekah, jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau pintu ar-Rayyan.” (HR Bukhari dan Muslim).



Ada 15 nama-nama surga dalam Al-Qur’an. Nama-nama ini ada yang tersusun dari satu kata dan ada pula yang tersusun dari dua kata, sebagai berikut:

1. Jannah

Nama ini sangat sering disebutkan Al-Qur’an dan secara umum mengacu pada surga, tidak ada kekhususan tersendiri. Kata jannah dapat ditemukan setidaknya dalam 76 ayat Al-Qur’an dengan catatan sebagian kecil ayat tersebut merujuk pada makna kebun, bukan surga sebagai tempat kembali bagi orang yang beriman dan beramal saleh.

2. Jannatul Ma’wa

Nama surga dalam Al-Qur’an yang kedua ialah Jannatul Ma’wa. Nama ini memiliki arti sebagai tempat berlindung. Artinya, jika seseorang masuk ke dalamnya, maka ia akan terlindungi dan tinggal di sana selamanya. Jannatul Ma’wa disebutkan dalam surah an-Najm [53] ayat 15 yang berbunyi:

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوٰىۗ ١٥

Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

3. Surga ‘Adn

Nama ini memiliki arti tempat tinggal permanen. Surga ‘Adn disebutkan Allah SWT dalam surah Maryam [19] ayat 61 yang berbunyi:

جَنّٰتِ عَدْنِ ِۨالَّتِيْ وَعَدَ الرَّحْمٰنُ عِبَادَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّهٗ كَانَ وَعْدُهٗ مَأْتِيًّا ٦١

Yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.”



4. Surga Na’im

Surga ini disebut demikian karena keberkahan yang terkandung di dalamnya, mulai dari makanan-makanan, minuman-minuman, pakaian, penampilan yang baik dan tempat tinggal yang luar biasa luas. Surga Na’im disebutkan dalam surah Lukman [31] ayat 8 yang berbunyi:

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَهُمْ جَنّٰتُ النَّعِيْمِۙ ٨

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.”

5. Darul Khuldi

Nama ini muncul dalam surah Qaf [50] ayat 34 yang berbunyi:
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Yang pertama kali yang dihisab (dihitung) dari perbuatan seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika sempurna ia beruntung dan jika tidak sempurna, maka Allah Azza wa Jalla berfirman, Lihatlah apakah hamba-Ku mempunyai amalan shalat sunnah? Bila didapati ia memiliki amalan shalat sunnah, maka Dia berfirman Lengkapilah shalat wajibnya yang kurang dengan shalat sunnahnya

(HR. Nasa'i No. 463)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More