Komandan yang Mualaf Ini Dukung Penuh Al-Fatih Taklukkan Konstantinopel

Minggu, 19 Juli 2020 - 08:05 WIB
loading...
Komandan yang Mualaf Ini Dukung Penuh Al-Fatih Taklukkan Konstantinopel
Sultan Muhammad Al-Fatih dan pasukannya. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SELAIN meminta nasehat para ulama dalam menjalankan misi penaklukan Konstantinopel , Sultan Muhammad Al-Fatih membentuk majelis syura. Dalam majelis ini siapa pun boleh mengeluarkan pendapat. Anggota majelis syura terdiri para komandan dan para ulama. ( )

Sultan Muhammad Al-Fatih meminta mereka untuk mengeluarkan pendapat secara terus-terang dan tanpa ragu-ragu. Seperti pada hari itu, tatkala setiap serangan ke Konstantinopel tak juga membuahkan hasil maka rapat majelis syura pun digelar

Dalam rapat tersebut, sebagian di antara mereka menasehatinya untuk segera menarik pasukan. Nasehat ini terutama disampaikan Perdana Menteri Khalil Pasya dan para pendukungnya. ( )

Penarikan pasukan perlu dilakukan, menurut Khalil Pasya, agar tidak terjadi pertumpahan darah dan tidak menimbulkan kemarahan Nasrani-Eropa, jika kaum muslimin nantinya menguasai kota; serta alasan-alasan lain untuk membenarkan tindakan penarikan mundur.

Pendapat Khalil Pasha sudah bisa ditebak Sultan. Karena sudah berkali-kali penasehatnya itu bicara begitu. Maka tidak aneh, jika Khalil Pasha dicurigai membantu Byzantium dan berusaha menjatuhkan kaum muslimin. ( )

Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shalabi dalam Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah memaparkan sebagian yang hadir berusaha mendorong Sultan untuk melanjutkan serangan ke dalam kota dan menganggap remeh Eropa dan kekuatannya. Mereka juga mendorong agar kembali menggelorakan semangat tempur para mujahidin untuk menaklukkan kota itu. ( ).

Dalam pandangan mereka, mundur berarti akan menghancurkan semangat jihad para mujahidin Islam Turki Utsmani. Di antara orang yang berpendapat demikian, adalah seorang komandan yang sangat pemberani bernama Zughanusy Pasya. Dia seorang mualaf. Semula ia Nasrani dari Albania, lalu masuk Islam. Dengan terang-terangan dia menganggap lemah kekuatan Eropa di hadapan Sultan.



Buku-buku sejarah menyebutkan tentang sikap Zughanusy Pasya ini. Tatkala Sultan menanyakan sikap dan pandangannya, dia melompat dari duduknya dan bersuara lantang dengan menggunakan bahasa Turki yang sedikit gagap. “Tidak! Sekali lagi tidak, wahai Sultan! Saya tidak akan menerima apa yang dikatakan oleh Khalil Pasya. Kami datang ke sini tidak ada tujuan lain, kecuali untuk mati dan bukan untuk pulang kembali,” ucap Zughanusy Pasya berapi-api.

Ucapan lantang ini menimbulkan pengaruh besar di dada hadirin. Dan untuk sementara tempat itu menjadi senyap. ( )

Kemudian Zughanusy Pasya melanjutkan perkataannya, “Sesungguhnya di balik ucapan Khalil Pasya, terdapat keinginan untuk memadamkan semangat yang ada di dalam dada kalian, membunuh keberanian dan tekad kalian. Namun dia tidak akan pernah mendapatkan apa-apa, kecuali putus-asa dan kerugian. Sesungguhnya tentara Alexander Agung yang berangkat dari Yunani ke India, lalu dia menguasai separuh Benua Asia yang luas, jumlah mereka tidak lebih besar dari jumlah tentara kita. Jika pasukan mereka mampu menguasai negeri-negeri yang luas itu, apakah tentara kita tidak akan mampu untuk melintasi tumpukan batu-batu yang bersusun-susun itu?”



Zughanusy Pasya menarik nafas panjang lalu matanya menyapu ke semua yang hadir. “Khalil Pasya telah mengatakan pada kita, bahwa negara-negara Barat akan datang pada kita untuk membalas dendam,” kata Zughanusy Pasya. “Lalu siapa yang dia maksud dengan negara-negara Barat itu? Apakah yang dia maksud, negara-negara Latin yang kini sedang dilanda permusuhan internal, atau negara-negara di Laut Tengah yang tidak mampu berbuat apa-apa selain hanya merampok dan mencuri?” lanjutnya dengan suara meninggi. ( )

Andai kata negara-negara itu mau memberikan bantuan kepada Byzantium, ujarnya lagi, pastilah mereka akan mengirimkan pasukan dan kapal-kapai perangnya. Andaikata orang-orang Eropa setelah kita taklukkan Kota Konstantinopei, mereka mengajak berperang menantang kita, apakah kita hanya akan berpangku tangan dan tidak melakukan apapun. “Jelas kita akan menyambut mereka dengan serangan paling menyakitkan, demi mempertahankan kehormatan kita,” tandasnya.



“Wahai penguasa Kesultanan!” ujar Zughanusy Pasya kemudian. “Kau telah tanyakan pendapat saya, maka kini aku katakan pendapat ini secara terus terang. Hati kita hendaknya kokoh laksana batu karang, dan kita wajib meneruskan peperangan ini, tanpa dilanda sifat lemah dan kerdil,” tegasnya lagi.

Selanjutnya Zughanusy Pasya menekankan, “Kita telah mulai satu perkara, maka wajib bagi kita untuk menyelesaikan perkara ini sampai sempurna. Wajib bagi kita meningkatkan serangan, membuka perbatasan, dan kita runtuhkan keberanian mereka. Tidak ada pendapat lain yang bisa aku kemukakan, selain ini,” tutupnya. (

Mendengar ucapan penuh semangat itu, berbinarlah muka Sultan Al-Fatih. Dia tampak sangat puas. Senyumnya mengembang. Selanjutnya Sultan menoleh kepada komandan perangnya Tharhan dan menanyakan bagaimana pendapatnya. Maka dia pun menjawab dengan tangkas, “Apa yang dikatakan Zughanusy adalah tepat. Saya sependapat dengannya, Wahai Sultan!”



Sultan lalu menoleh ke gurunya, Syaikh Aaq Syamsuddin dan Maulana Al-Kurani. Beliau meminta pendapat dua Syaikh yang sangat dihormati itu. Muhammad Al-Fatih berharap keduanya menyetujui apa yang dikatakan oleh Zughanus Pasya. “Harus dilanjutkan dan dengan kekuatan yang Mahaagung, maka kemenangan akan segera tercapai, insya Allah,” ujar Syaikh Aaq Syamsuddin, mempertebal keyakinan Sultan Muhammadi Al-Fatih.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Maulana Al-Kurani. Ucapan Syaikh ini semakin menggelorakan semangat di dada orang-orang yang hadir. Sultan merasa demikian gembira dengan doa kedua Syaikh untuk kemenangan tentara Utsmani. Maka dia pun tak kuasa untuk tidak mengatakan, “Siapa di antara nenek moyangku yang memiliki kekuatan seperti aku?" ( )

Para ulama sepakat mendukung pendapat yang menyatakan, jihad harus dilanjutkan. Secara pribadi Sultan juga berkeinginan untuk menaklukkan Kota Konstantinopel.

Pertemuan selesai dengan diakhiri oleh seruan dari Sultan bahwa serangan umum akan segera dilakukan untuk menundukkan kota. Dia akan mengeluarkan perintah penyerangan dan pengepungan, pada saat kesempatan emas terbuka. Dan semua tentara hendaknya bersiap-siap menyambut serangan itu. (Baca juga: Sejarah Hagia Sophia, antara Katedral Kristen Ortodoks dan Masjid )
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1641 seconds (0.1#10.140)