Pecat Syaikh Kurani sebagai Hakim, Sultan Muhammad Al-Fatih Menyesal

Selasa, 21 Juli 2020 - 13:28 WIB
loading...
Pecat Syaikh Kurani sebagai Hakim, Sultan Muhammad Al-Fatih Menyesal
Sultan Muhammad Al-Fatih.Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SULTAN Muhammad Al-Fatih selalu menghormati ulama , orang-orang yang wara’ , dan orang-orang yang takwa . Mungkin saja suatu saat dia marah kepada mereka, namun tak berapa lama dia akan kembali menghormatinya. ( )

Buku-buku sejarah mengungkapkan bahwa suatu ketika Sultan Muhammad Al-Fatih mengutus salah seorang pelayannya dengan membawa sesuatu yang bergambar kepada Syaikh Ahmad Al-Kurani. Saat itu Syaikh menjadi hakim militer. Syaikh mendapatkan apa yang dibawa oleh pelayan itu bertentangan dengan Syariat , maka gambar itu pun dia sobek. ( )

Sekadar mengingatkan Syaikh Ahmad al Kurani adalah guru yang mendidik Al-Fatih tatkala masih anak-anak. Ayah Muhammad Al Fatih, Sultan Murad II membekali Syaikh Ahmad al Kurani dengan sebilah kayu untuk digunakan jika diperlukan. Pada pertemuan pertama, Al Kurani mengajar Muhammad al Fatih dengan membawa sebilah kayu tersebut. “Ini pemberian Sultan untuk memukulmu jika kamu tidak disiplin saat belajar,” ujar Syaikh al-Kurani.



Mendengar itu, Muhammad al Fatih malah tertawa. Seketika itu juga Syaikh Kurani memukul Muhammad dengan keras. Muhammad al-Fatih pun terkejut bukan kepalang. Dia tidak menyangka guru barunya benar-benar memukulnya.

Sejak saat itu Muhammad Al Fatih mengalami perubahan yang sangat signifikan. Dia menjadi anak yang patuh dan hormat terhadap gurunya dan mulai belajar dengan serius.



Di tangan Syaikh Kurani inilah awal perubahan sikap Muhammad Al Fatih terjadi. Muhammad tumbuh menjadi pemuda yang keras kemauannya dan serius dalam mewujudkan keinginannya.

Saat penaklukan Konstantinopel Syaikh Kurani bersama Syaikh Aaq Syamsuddin mendampingi Sultan. Beliau pula yang menulis surat pemberitahuan penaklukan Konstantinopel kepada penguasa-pengusaha negeri Islam.



Nah, peristiwa penyobekan kertas bergambar itu sangat memukul perasaan Sultan Muhammad Al-Fatih. Dia marah besar atas perbuatan Syaikh tersebut. Saking marahnya, Sultan memecat Syaikh Kurani dari kedudukannya. Maka terjadilah konflik antara Sultan dengan gurunya itu.

Al-Kurani segera berangkat ke Mesir . Di Mesir dia diterima dengan penghormatan tinggi oleh Sultan Mesir Qaytabay. Syaikh tinggal bersamanya beberapa waktu lamanya. ( )

Prof Dr Ali Muhammad Ash-Shalabi dalam Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, menceritakan tak lama kemudian, Sultan Muhammad Al-Fatih menyesali apa yang dia lakukan. Dia pun menulis surat kepada Sultan Qaytabay dan memintanya untuk memulangkan Syaikh Al-Kurani kepadanya. Sultan Qaytabay menceritakan isi surat Sultan Muhammad Al-Fatih kepada Syaikh Al-Kurani. Kemudian Qaytabay berkata. “Janganlah kau kembali padanya, sebab aku menghormatimu lebih dari penghormatannya."

Syaikh Al Kurani menjawab, “Apa yang kau katakan adalah benar. Hanya saja antara aku dan dia, tumbuh rasa saling mencintai yang demikian mulia, layaknya cinta seorang anak kepada orangtuanya. Sedangkan apa yang terjadi antara kita adalah sesuatu yang lain. Dia tahu ini. Dia juga tahu bahwa saya suka padanya secara alami. Maka jika saya tidak datang padanya, dia akan tahu bahwa saya dilarang olehmu dan ini akan menimbulkan permusuhan antara engkau dan dia."



Sultan Qaytabay membenarkan apa yang dikatakan Syaikh. Maka dia pun memberikan uang dalam jumlah besar kepada Al Kurani dan mempersiapkan seluruh keperluan perjalanan. Dia juga mengirimkan hadiah kepada Sultan Muhammad Al-Fatih. Sesampainya di Konstantinopel, Sultan mengangkatnya sebagai hakim kemudian sebagai mufti. Sultan menyediakan semua keperluan Syaikh dan menghormatinya dengan penghormatan tinggi.

Imam Asy-Syaukani berkata, “Syaikh Al-Kurani berubah posisi dari seorang hakim menjadi seorang ahli fatwa. Banyak orang-orang besar datang menemuinya. Dia mensyarah buku Jam’ul Jawami’ dan memberi catatan penting terhadap Jalaluddin Al-Mahalli, seorang mufassir.



Dia menulis tafsir dan mensyarah buku Shahih Bukhari. Dia juga menulis kasidah dalam ilmu 'Arudh dalam 600 bait syair. Dia membangun sebuah masjid dan sekolah di Istambul yang diberi nama Daarul Hadits.

Dunia berada di bawah kekuasaannya dan dia membangun banyak tempat singgah. Ilmunya menyebar ke mana-mana dan diambil oleh banyak orang besar. Dia menunaikan ibadah Haji pada tahun 761 H. Dia tetap terhormat sampai wafatnya pada akhir tahun 792 H. Sultan dan bawahan-bawahannya menyalatkan jenazahnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)