alexametrics

Tata Cara Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Bisa Dilakukan di Rumah

loading...
Tata Cara Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi SINDOnews
SALAT Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Kementerian Agama, MUI, dan sejumlah organisasi massa Islam telah mengeluarkan maklumat perihal pelaksanaan ibadah salah Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di tengan pandemi.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Harus Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Nahdlatul Ulama di laman resminya mengeluarkan panduan tata cara salat Idul Adha di masa pandemi. Salat dapat dilakukan di masjid atau di tanah terbuka dengan tetap menjaga protokol pencegahan.

"Kita juga dapat melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah di rumah. Sedangkan tata cara pelaksanaan salat Idul Adha pada masa pandemi tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan shalat Idul Adha pada situasi normal," demikian panduan itu.



Syekh M Nawawi Banten dari mazhab Syafi’i ini menjelaskan kedudukan salat Idhul Adha dan Idhul Fithri pada Kitab Nihayatuz Zain sebagai berikut:

القسم الثاني من النفل المؤقت وهو ما تسن فيه الجماعة ( صلاة العيدين ) الأصغر والأكبر وهي من خصائص هذه الأمة



Artinya, “Jenis kedua dari salat sunnah yang ditentukan waktunya adalah salat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (salat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106).

Baca Juga: Keutamaan Berkurban Saat Idul Adha, Pahalanya Tak Terhitung

Rakaat pertama
1. Pelafalan niat shalat id
halaman ke-1 dari 8
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَلَـقَدۡ زَيَّـنَّا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ وَجَعَلۡنٰهَا رُجُوۡمًا لِّلشَّيٰطِيۡنِ‌ وَاَعۡتَدۡنَا لَهُمۡ عَذَابَ السَّعِيۡرِ
Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.

(QS. Al-Mulk:5)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak