Tata Cara Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Bisa Dilakukan di Rumah

Selasa, 28 Juli 2020 - 06:34 WIB
loading...
Tata Cara Salat Idul Adha di Masa Pandemi, Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi SINDOnews
A A A
SALAT Idul Adha tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 . Kementerian Agama , MUI , dan sejumlah organisasi massa Islam telah mengeluarkan maklumat perihal pelaksanaan ibadah salah Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban di tengan pandemi.



Nahdlatul Ulama di laman resminya mengeluarkan panduan tata cara salat Idul Adha di masa pandemi. Salat dapat dilakukan di masjid atau di tanah terbuka dengan tetap menjaga protokol pencegahan.

"Kita juga dapat melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah di rumah. Sedangkan tata cara pelaksanaan salat Idul Adha pada masa pandemi tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan shalat Idul Adha pada situasi normal," demikian panduan itu.

Syekh M Nawawi Banten dari mazhab Syafi’i ini menjelaskan kedudukan salat Idhul Adha dan Idhul Fithri pada Kitab Nihayatuz Zain sebagai berikut:

القسم الثاني من النفل المؤقت وهو ما تسن فيه الجماعة ( صلاة العيدين ) الأصغر والأكبر وهي من خصائص هذه الأمة

Artinya, “Jenis kedua dari salat sunnah yang ditentukan waktunya adalah salat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (salat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106).



Rakaat pertama
1. Pelafalan niat shalat id

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا/مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li Idil Adhā rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman/ma’mūman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Adha dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam/makmum karena Allah SWT.”

2. Takbiratul ihram

اللهُ اَكْبَرُ

Allāhu akbar

3. Takbir tambahan sebanyak (7 kali)

اللهُ اَكْبَرُ

Allāhu akbar

Adapun berikut ini adalah zikir yang dibaca saat jeda antara takbir:

سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ لِلهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)