Kisah Empat Perempuan Mulia yang Dipuji Allah Ta'ala (4)

Taat dan Keteguhan Hati Asiyah Mengantarkannya ke Surga

loading...
Taat dan Keteguhan Hati Asiyah Mengantarkannya ke Surga
Meski suaminya Firaun menyiksanya dengan berat, Asiyah tetap memiliki keteguhan hati untuk selalu beriman kepada Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
Kisah istri Raja Fir'aun tak banyak orang yang mengetahuinya. Fir'aun dikenal sebagai raja yang dihukumi Allah sebagai raja fasik yang mengaku sebagai tuhan. Tidak demikian dengan istrinya Asiyah. Ia justru sebaliknya, malah mendapat rahmah dan curahan kasih sayang dari Allah sehingga dijamin masuk surga.

Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda sebagaimana diriwayatkan Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa ada empat wanita ahli surga. Keempat wanita itu antara lain Maryam, Fatimah, Khadijah, dan Asiyah, istri Firaun. Mereka ada perempuan penghuni surga pertama.

Semua orang pasti mendambakan masuk surga. Karena surga merupakan 'kenikmatan' paling tinggi dan abadi. Al-Qur'an menggambarkan bahwa di dalamnyaterdapat bejana dari emas dan perak, istana megah dihiasi beragam permata dan kenikmatan lainnya, yang tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga dan tebersit dari hati. (Baca juga : Maryam binti Imran, Sosok yang Taat dalam Menjaga Kesucian )

Dalam Al-Qur'an, banyak ayat yang menggambarkan kenikmatan ‘Surga’. Di antaranya firman Allah Ta'ala :

مَّثَلُ ٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَآ أَنْهَٰرٌ مِّن مَّآءٍ غَيْرِ ءَاسِنٍ وَأَنْهَٰرٌ مِّن لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُۥ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشَّٰرِبِينَ وَأَنْهَٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّى ۖ وَلَهُمْ فِيهَا مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّن رَّبِّهِمْ ۖ كَمَنْ هُوَ خَٰلِدٌ فِى ٱلنَّارِ وَسُقُوا۟ مَآءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَآءَهُمْ

“Perempuan taman Surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah-buahan, dan ampunan dari Tuhan mereka. Samakah mereka dengan orang yang kekal dalam neraka, dan diberi minuman dengan air yang mendidih, sehingga ususnya terpotong-potong?” (QS Muhammad : 15)

Bagaimana sebenarnya sosok Asiyah ini, sehingga dijamin sebagai perempuan yang menjadi penghuni surga pertama? Karena Asiyah adalah sosok perempuan penyabar, sopan santun dan berakhlak mulia. Seseorang yang memiliki budi pekerti luhur, penyayang dan penuh keteguhan untuk senantiasa berada di jalan yang benar.

Aisyah atau terkadang disebut Asiya binti Muzahim juga merupakan ibu angkat yang mengasuh Nabi Musa dari bayi hingga dewasa. Ia adalah perempuan cantik, yang berhasil memikat Fir'aun, raja Mesir yang terkenal kekejamannya. Fir’aun sangat menyayangi Asiyah dan menuruti apa saja yang diinginkan sosok mulia tersebut. Termasuk menuruti kemauan Asiyah mengangkat Nabi Musa Alaihisallam sebagai putranya.

Layaknya pengantin baru, di awal pernikahan Asiyah sangat bahagia. Apalagi, ia menjadi seorang istri dari raja yang tersohor pada zamannya. Hidup menjadi pendamping Firaun yang bergelimang harta tak membuat Asiyah buta hati. Ia merupakan sosok wanita yang menjunjung tinggi akidah dan kebahagiaan akhirat ketimbang kenikmatan duniawi yang sementara.

Puncaknya. ketika Fir’aun mengaku bahwa selain sebagai raja, ia juga merupakan Tuhan dan meminta agar rakyatnya menyembah dirinya. Inilah yang membuat Asiyah berat hati. Ia juga dipaksa menyembah suaminya sendiri dan mengakui bahwa sang suami adalah Tuhan. Dengan penuh kesabaran, Asiyah menuruti permintaan suaminya. Walaupun di dalam hatinya ia sangat keberatan dan tersiksa.
halaman ke-1
cover top ayah
وَّمَا هُوَ بِقَوۡلِ شَاعِرٍ‌ؕ قَلِيۡلًا مَّا تُؤۡمِنُوۡنَۙ
Dan Al-Qur'an bukanlah perkataan seorang penyair. Sedikit sekali kamu beriman kepadanya.

(QS. Al-Haqqah:41)
cover bottom ayah
preload video