Kumpulan Artikel: Wanita Mulia

  • Mengenal 4 Wanita Mulia Pemimpin Bidadari Surga, Siapa Saja?
    Muslimah
    Minggu, 29 Oktober 2023 - 08:15 WIB
    Ada 4 wanita mulia yang berasal dari bumi yang akan menjadi pemimpin para bidadari surga kelak. Siapa saja wanita tersebut, dan apa saja kemuliaannya?
  • Siapakah Nafisah binti Al Hasan, Muslimah yang Menyolatkan Jenazah Imam Syafii?
    Muslimah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Nafisah binti Al Hasan adalah cucu cicit Rasulullah Shallalhu alaihi wa Sallam, seorang wanita yang ahli ibadah, zuhud, taat pada Allah, serta mudah dikabulkan doa-doanya.
  • Inilah Potret Muslimah Pemimpin Bidadari Surga
    Muslimah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, wanita sangat dimuliakan, bahkan dalam sebuah hadis disebutkan ada wanita penghuni surga yang paling utama dan akan menjadi pimpinan para bidadari surga.
  • Maryam binti Imran : Satu-satunya Perempuan Terpilih yang Diabadikan dalam Surat Al-Quran
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 08:45 WIB
    Maryam binti Imran merupakan satu-satunya nama perempuan mulia yang disebut dalam Al-Quran, bahkan namanya diabadikan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci umat Islam ini
  • Mengapa Hanya Maryam, Perempuan Terpilih  yang Diabadikan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 19:18 WIB
    Ada satu nama perempuan mulia yang disebutkan dalam Al-Quran dan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci umat Islam ini. Dialah Maryam binti Imran.
  • Siti Masyitoh : Pemilik Makam yang Harumnya Semerbak
    Muslimah
    Senin, 21 September 2020 - 08:34 WIB
    Generasi sekarang mungkin sudah jarang mendengar kisah inspiratif ini. Atau bahkan sudah hampir dilupakan. Ini kisah tentang bagaimana keteguhan dan keyakinannya menjadikan seorang perempuan mulia di sisi Allah Subhanahu wa taala
  • Ciri Wanita Saleha Itu Sejauh Mana Ia Takut kepada Allah
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 16:16 WIB
    KH Ahmad Busyairi Nafis menyampaikan nasihat indah tentang kedudukan tinggi di sisi Allah Taala saat kajian bakda Subuh di Masjid Nurul Islam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Taat dan Keteguhan Hati Asiyah Mengantarkannya ke Surga
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:50 WIB
    Firaun dikenal sebagai raja yang dihukumi Allah sebagai raja fasik yang mengaku sebagai tuhan. Tidak demikian dengan istrinya Asiyah. Ia justru mendapat rahmah dan.kasih sayang dari Allah sehingga dijamin masuk surga.
  • Inilah Inspirator Tenaga Medis di Zaman Rasullulah
    Muslimah
    Jum'at, 31 Juli 2020 - 18:15 WIB
    Penghormatan Islam terhadap perempuan terlihat jelas melalui surat An-Nisa. Perempuan bukan sekadar diselamatkan dari kezhaliman, tapi ia diberi hak ekonomi dan berperan di tengah masyarakat.
  • Sang Penjelajah Dunia dan Ahli Hadis dari Kaum Hawa
    Muslimah
    Minggu, 12 Juli 2020 - 14:24 WIB
    Pada awal-awal sejarah peradaban Islam , banyak kaum wanita yang terlibat aktif dalam diskusi-diskusi intelektual bersama kaum laki-laki di masjid-masjid, pusat-pusat pendidikan dan kebudayaan yang menyebar di berbagai tempat.
  • Fatima al-Fihri,  Penggagas Pertama Terbentuknya Universitas
    Muslimah
    Rabu, 08 Juli 2020 - 14:12 WIB
    Penggagas Universitas pertama di dunia adalah seorang perempuan Muslim, yakni Fatima al-Fihri. Tidak hanya sekedar pendiri, ide mengenai universitas ini dan penentuan lokasinya pun semuanya berasal darinya.
  • Rabiah Al-‘Adawiyah,  Sang Guru Tokoh -Tokoh Sufi Dunia
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 12:35 WIB
    Sosok perempuan muslimah ini cukup dikenal sekitar abad ke 8. Ia tercatat, sebagai guru yang melahirkan tokoh-tokoh sufi terkenal di dunia hingga saat ini
  • Belajar Patriotisme dan Hak Asasi Wanita dari Nusaibah binti Ka’ab Al-Ansariyah
    Muslimah
    Senin, 06 Juli 2020 - 13:05 WIB
    Nusaibah binti Kaab Al-Ansariyah, adalah salah satu pejuang muslimah pertama yang mempertaruhkan hidupnya demi melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Summayah binti Khubath , Syahidah Pertama Dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 07:01 WIB
    Siapa yang mengira bila ternyata orang yang pertama kali syahid dalam Islam justru seorang perempuan tua yang lemah, yang tetap teguh memperjuangkan agama Allah di tengah ancaman kaum kafir Makkah. Dialah Sumayyah binti Khubath.
  • Inilah Mujahidah Cerdas dan Penghapal Hadis Rasulullah
    Muslimah
    Rabu, 01 Juli 2020 - 12:27 WIB
    Ar-Rubayyi binti Muawwidz adalah shahabiyat yang hidup dalam naungan Islam. Ia tumbuh besar dari sebuah pohon yang buahnya mudah dipetik dan rasanya manis. Ia adalah anak dari Muawwidz bin Aftra, satu dari para pembesar pasukan Badar yang telah mendapat jaminan surga.
  • Daiyah Cantik, Cerdas dan Ibu Tujuh Anak Penghapal Al-Quran
    Muslimah
    Selasa, 30 Juni 2020 - 12:32 WIB
    Sifatnya keibuan dan cantik, dihiasi pula dengan ketabahan, kebijaksanaan, lurus pemikirannya, dan kecerdasan berpikir, serta kefasihan dan berakhlak mulia. Inilah sosok Ummu Sulaim, salah satu sahabat perempuan Rasulullah SAW.
  • Kesabaran dan Keberanian Si Pemilik Dua Ikat Pinggang
    Muslimah
    Senin, 29 Juni 2020 - 06:57 WIB
    Kesabaran dan keberanian sosok perempuan mulia ini adalah yang menjadi contoh teladan kaum muslimah saat ini. Salah satu shahabiyat Rasulullah SAW ini bernama Asma binti Abu Bakar
  • Wanita Penggugat yang Doanya Menembus Hingga Tujuh Langit
    Muslimah
    Sabtu, 27 Juni 2020 - 05:47 WIB
    Inilah kisah seorang wanita yang mengajukan gugatan kepada pemimpin anak Adam alaihissalam yang mengandung banyak pelajaran yang menjadikan seorang wanita dapat mengangkat kepalanya tinggi-tinggi dengan bangga dan perasaan mulia.
  • Cerdas dan Subur Ilmu, Asy-Syifa  Dinobatkan Sebagai Pendidik Muslimah Pertama
    Muslimah
    Kamis, 25 Juni 2020 - 11:45 WIB
    Banyak kisah inspiratif dari perjalanan para shahabiyat yang mendapat kedudukan tersendiri di sisi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya merupakan tokoh ilmuwan perempuan pertama dalam Islam.
  • Mengenal Asma binti Yazid, Sang Jubir Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 24 Juni 2020 - 14:32 WIB
    Asma binti Yazid adalah seorang muslimah ahli hadis yang mulia, mujahidah yang memiliki kecerdasan, dien-nya bagus dan ahli argumen atau seorang orator ulung mewakili kaumnya, sehingga dijuluki sebagai juru bicara wanita.