Operasi Badai Al-Aqsa, Hamas: Kami Memerangi Proyek Zionis, Bukan Yahudi

Rabu, 24 Januari 2024 - 05:30 WIB
loading...
Operasi Badai Al-Aqsa, Hamas: Kami Memerangi Proyek Zionis, Bukan Yahudi
Tentara Israel yang tewas di Gaza. Foto/Ilustrasi: The Hill
A A A
Pada hari Ahad kemarin Hamas menerbitkan laporan setebal 16 halaman mengenai serangannya pada tanggal 7 Oktober terhadap komunitas Israel selatan, yang menyatakan bahwa ada "kesalahan" yang terjadi, namun membantah sengaja menargetkan warga sipil.

“Narasi kami: Operasi Badai Al-Aqsa ”, adalah laporan publik pertama kelompok Palestina mengenai operasi tersebut sejak serangan tiga bulan lalu.

Serangan mendadak tersebut menewaskan 1.140 orang, hampir 700 di antaranya adalah warga sipil, dan menyebabkan sekitar 240 orang ditawan ke Gaza, sekitar setengah dari mereka telah dibebaskan melalui perjanjian pertukaran tahanan.

Sejak itu, pemboman tanpa henti Israel di Jalur Gaza yang terkepung telah menewaskan lebih dari 25.000 warga Palestina, yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak. Setidaknya 25 sandera telah terbunuh selama serangan Israel.

“Kami ingin mengklarifikasi… realitas yang terjadi pada tanggal 7 Oktober, motif di balik kejadian tersebut, konteks umum yang berkaitan dengan perjuangan Palestina, serta sanggahan terhadap tuduhan Israel dan menempatkan fakta dalam perspektif yang benar," demikian pembuka laporan tersebut sebagaimana dilansir Middle East Eye atau MEE, Senin 22 Januari 2024.



Bagian pembukaan menguraikan konteks historis dan terkini dari situasi di Palestina, dan menjelaskan mengapa kelompok tersebut percaya bahwa serangan itu perlu terjadi.

Laporan tersebut menyoroti perampasan tanah dan pengungsian massal warga Palestina selama Nakba tahun 1948, atau “bencana”, dan perang Timur Tengah tahun 1967 yang mengakibatkan Israel menduduki Tepi Barat, Yerusalem Timur dan Gaza, serta Dataran Tinggi Golan di Suriah dan wilayah Sinai Dataran Tinggi Mesir.

Laporan tersebut selanjutnya mencantumkan tindakan terbaru Israel terhadap warga Palestina sebelum tanggal 7 Oktober, termasuk lima perang melawan Gaza sejak pergantian abad dan Intifada Kedua yang dikatakan telah menewaskan lebih dari 11.000 warga Palestina.

Hamas juga menyatakan bahwa Israel membatalkan Perjanjian Oslo dan kemungkinan mendirikan negara Palestina "melalui kampanye luas pembangunan permukiman dan Yudaisasi atas tanah Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki".

“Hanya satu bulan sebelum Operasi Badai Al-Aqsa, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyajikan peta yang disebut ‘Timur Tengah Baru’, yang menggambarkan ‘Israel’ yang membentang dari Sungai Yordan hingga Laut Mediterania termasuk Tepi Barat dan Gaza, " kata laporan itu.



Laporan tersebut juga menyebutkan serangan Israel ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem, “penyerangan dan penghinaan” terhadap warga Palestina yang ditahan di penjara Israel, serta blokade Jalur Gaza selama 17 tahun.

“Apa yang diharapkan dari rakyat Palestina setelah semua itu? Untuk terus menunggu dan terus mengandalkan PBB yang tidak berdaya!”

“Atau mengambil inisiatif dalam membela rakyat, tanah, hak dan kesucian Palestina; mengetahui bahwa tindakan pembelaan adalah hak yang tercantum dalam hukum, norma dan konvensi internasional.”

Beberapa Kesalahan

Mengenai peristiwa 7 Oktober, laporan tersebut mengatakan bahwa Hamas menargetkan situs militer Israel dan berusaha untuk "menangkap tentara musuh" dalam upaya menekan pemerintah Israel agar membebaskan ribuan tahanan Palestina.

“Menghindari bahaya terhadap warga sipil, terutama anak-anak, perempuan dan orang lanjut usia adalah komitmen agama dan moral semua pejuang Brigade Al-Qassam,” katanya, mengacu pada sayap militer Hamas.

“Kami tegaskan kembali bahwa perlawanan Palestina sepenuhnya berdisiplin dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Islam selama operasi tersebut dan bahwa para pejuang Palestina hanya menargetkan tentara pendudukan dan mereka yang membawa senjata untuk melawan rakyat kami.”

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3453 seconds (0.1#10.140)