Genosida Israel: Kisah Ahed Bseiso Diamputasi, Menahan Sakit dengan Membaca Al-Quran

Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:56 WIB
loading...
A A A


Ahed adalah salah satu generasi muda yang diamputasi yang muncul dari daerah kantong tersebut akibat serangan Israel yang tiada henti.

Menurut Dana Anak-Anak PBB, lebih dari 10 anak kehilangan satu atau kedua kaki mereka setiap hari di Gaza sejak 7 Oktober. Itu berarti lebih dari 1.000 anak.

Praktik Standar

Para profesional medis mengatakan banyak dari mereka yang tewas di Gaza sejak 7 Oktober sebenarnya bisa diselamatkan jika mereka bisa mencapai rumah sakit.

Abed, seorang dokter ortopedi dari Doctors Without Borders – juga dikenal sebagai Medecins Sans Frontieres (MSF) – mengatakan petugas medis di Gaza bergantung pada obat penenang pasien di tengah kurangnya anestesi.

“Kami kekurangan semua jenis obat,” kata Abed, yang selama ini bekerja di Rumah Sakit Lapangan Indonesia Rafah dan meminta agar hanya nama depannya yang disebutkan karena alasan keamanan.

“Kami bergantung pada obat pereda nyeri seperti parasetamol dan kami mencoba anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit,” katanya.



Menurut Abed, pasien menjalani “ amputasi traumatis ” setiap hari, dan sebagian besar pasien adalah anak-anak.

Ketika sebuah rumah sakit menampung banyak orang yang terluka, diperlukan waktu berjam-jam bagi seseorang untuk sampai ke ruang operasi, sehingga penyelamatan anggota tubuh menjadi tidak mungkin dan amputasi diperlukan “untuk menyelamatkan nyawa pasien”, katanya.

Menurut Kementerian Kesehatan di Gaza, Israel telah menewaskan hampir 27.000 orang dan melukai sekitar 65.000 lainnya dalam serangannya di Gaza sejak 7 Oktober. Hampir seperempat korban cedera terjadi pada anak-anak, kata kementerian tersebut.

Ahed mengatakan dia selamanya berubah. Sebelum penyerangan, dia terdaftar untuk belajar farmasi. Tapi sekarang dia tidak tahan “apapun yang berhubungan dengan obat-obatan” karena apa yang telah dia alami.

“Saya akan mengubah jurusan saya,” katanya. “Saya akan menjadi seorang desainer interior dan membuktikan kepada dunia bahwa saya masih bisa menjalani kehidupan normal meskipun saya memiliki cacat fisik.”

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)