Ketika Keffiyeh Sudah Menjadi Simbol Perjuangan Palestina, Begini Sejarahnya

Senin, 27 Mei 2024 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Setelah kekaisaran Turki kehilangan wilayah Timur Dekatnya selama Perang Dunia Pertama, dan Pemberontakan Arab melawan pemerintahan kolonial Inggris pada tahun 1936, kaum nasionalis Palestina juga menggunakan keffiyeh. Kain ini sebagai alat untuk menutupi wajah mereka agar identitas mereka tersembunyi.

Sebaliknya, dalam “momen penting dalam budaya Palestina,” warga Palestina bersatu dalam mengadopsi kain tersebut sebagai tanda solidaritas. Simbol tersebut tetap menjadi ikon pokok kebangsaan Palestina setelah Nakba dan berdirinya negara Israel.

“Warga Palestina dari semua kelas sosial meninggalkan fez dan bersatu dalam mengenakan keffiyeh, sehingga sulit untuk mengidentifikasi kaum revolusioner,” ujar Maha Saca, Kepala Pusat Warisan Palestina di Bethlehem.

Tynan, asisten profesor sejarah desain dan teori di Vrije Universiteit Amsterdam, mengatakan bahwa dari fungsinya dalam pemberontakan sebagai alat untuk menyamarkan identitas pemakainya dari otoritas Inggris, keffiyeh menjadi singkatan dari perjuangan Palestina.



Lingala menyampaikan hal serupa: "Ketika identitas kolektif dan hak warga Palestina atas tanah semakin terancam... mereka berusaha untuk mempertahankan barang-barang yang mewakili 'kesinambungan budaya'."

Bertahun-tahun kemudian, pada tahun 1960an, mendiang pemimpin Palestina Yasser Arafat memopulerkan pakaian tersebut di kalangan masyarakat global. Menurut Saca: "Abu Ammar [Arafat] tidak akan pernah terlihat di acara apapun tanpanya."

Keffiyehnya selalu diposisikan dengan hati-hati di kepalanya, dengan ujung kain yang lebih panjang ditempatkan di bahu kanannya – ada yang mengatakan kain itu ditata menyerupai peta Palestina sebelum tahun 1948.

Ketika otoritas pendudukan Israel melarang bendera Palestina dari tahun 1967 hingga Perjanjian Oslo pada tahun 1993, syal menjadi simbolisme yang kuat, menurut Ted Swedenburg, profesor antropologi di Universitas Arkansas.

“Simbol yang dapat dibawa-bawa dan terlihat” penting bagi warga Palestina, kata Swedenburg, sambil menambahkan bahwa dengan bendera yang dilarang oleh pendudukan selama hampir 30 tahun, keffiyeh, “yang memiliki begitu banyak simbolisme dan sejarah yang kaya, berfungsi sebagai alat sehari-hari yang dapat dibawa-bawa sebagai ekspresi visual identitas Palestina".

Gandum, Zaitun dan Madu

Jahitan hitam yang mencolok pada keffiyeh katun putih dikatakan memiliki banyak makna simbolis, dan meskipun tidak ada yang diverifikasi, masyarakat Palestina tidak kekurangan interpretasi.

Hal ini digambarkan oleh beberapa orang sebagai "jaring ikan, sarang lebah, gabungan tangan, atau bekas kotoran dan keringat yang menyeka alis pekerja". Yang lain berpendapat bahwa desain tersebut mewakili bulir gandum, mengacu pada Jericho, salah satu kota pertama yang diketahui menanam gandum.



Seniman pertunjukan asal Palestina, Fargo Tbakhi, menambahkan "kawat berduri" ke dalam daftar tersebut, dan menjelaskan bahwa pola tersebut dapat menggambarkan "simbol pendudukan yang selalu ada", meskipun ia paling berkaitan dengan desain jaring ikan, yang juga disebut fatha (pembukaan).

“[Saya melihatnya] sebagai simbol identitas kami, sebuah model untuk menjadi orang Palestina, ini mengartikulasikan satu kemungkinan masa depan bagi rakyat kami,” tulisnya di Los Angeles Review of Books.

“Jala adalah gambaran kolektivisme, keterjeratan dan ketergantungan: dalam jaring, untaian tunggal menjadi sesuatu yang lebih besar, lebih kuat. Sebagai satu untaian, saya selalu rindu untuk diikat bersama dengan yang lain, sehingga kita lebih mampu berpegangan, untuk menangkap."

Penulis Palestina, Susan Abulhawa, pernah mengatakan bahwa pola-pola pada keffiyeh "berbicara tentang sumber kehidupan orang Palestina, sama seperti pola tatreez [sulaman Palestina] adalah sebuah bahasa tersendiri, menceritakan kisah-kisah tentang lokasi, garis keturunan, peristiwa, dan makna sejarah."

Jahitan hitam terkadang juga disebut sebagai desain sarang lebah, sebagai pengakuan terhadap peternak lebah di wilayah tersebut; beberapa warga pedesaan Suriah (yang juga memakai kain tersebut) mengatakan bahwa pola tersebut melambangkan penyatuan tangan dan bekas kotoran serta keringat yang menyeka alis seorang pekerja.

Sebuah tweet baru-baru ini menyertakan interpretasi lain dari desain tersebut, representasi pohon zaitun Palestina, yang menunjukkan “kekuatan dan ketahanan”:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)