Ketika Keffiyeh Sudah Menjadi Simbol Perjuangan Palestina, Begini Sejarahnya

Senin, 27 Mei 2024 - 15:25 WIB
loading...
A A A
Pakaian tersebut dengan mudah dialihkan ke mode arus utama setelahnya. Lingala merujuk pada artikel Majalah Time tahun 1988 yang membahas keffiyeh Palestina dalam gaya jalanan Amerika dan kaitannya dengan intifada Palestina pertama, yang dimulai pada tahun 1987.

“Pemakai Keffiyeh yang diwawancarai untuk perhiasan tersebut tidak mengetahui adanya afiliasi politik dan malah memakainya sebagai aksesori,” kata Lingala.

Pakaian tersebut juga ditampilkan dalam Is Fashion Modern, sebuah pameran tahun 2017 di Museum Seni Modern New York. Kurator seniornya mengatakan: "[Keffiyeh] telah dipenuhi dengan makna politik yang mendalam. Keffiyeh juga telah menjadi aksesori fesyen yang, dalam beberapa versi, benar-benar terpisah dari konteks aslinya dan digunakan hanya untuk kepentingan estetika."

Namun, penerapan syal secara umum belum menghasilkan kesuksesan bagi produsen Palestina. Pabrik-pabrik keffiyeh lokal Palestina telah ditutup karena syal mulai diproduksi secara massal di negara-negara seperti Tiongkok.

Keluarga Hirbawi, produsen keffiyeh tradisional sejak tahun 1961, segera menyadari bahwa versi yang lebih murah meremehkan produk mereka, yang diproduksi di Hebron, yang dikenal sebagai Al-Khalil bagi orang Palestina.

Dalam wawancara sebelumnya, Abed, salah satu saudara yang mengelola pabrik tersebut, mengatakan kepada Middle East Eye: "Ketika keffiyeh buatan Tiongkok mulai berdatangan, alat tenun kami tidak lagi beroperasi." Ketika permintaan terhadap keffiyeh buatan Palestina menyusut, produksi pun ikut menyusut. Butuh waktu 15 tahun lagi untuk bangkit kembali.

Persepsi keffiyeh yang dianggap "lebih murah" dan hilangnya nilai-nilai simbolisnya telah menimbulkan tuduhan perampasan budaya. Selain produk pasar massal, desainer kelas atas telah memproduksi versi mereka sendiri, termasuk versi Balenciaga pada tahun 2007, yang berharga $3.000, serta versi dari Chanel dan Fendi.

Bernyanyi untuk Solidaritas

Komersialisasi keffiyeh sama sekali tidak mengurangi nilai budayanya di mata masyarakat Palestina.

Rapper Palestina asal Inggris Shadia Mansour, misalnya, menegaskan keterikatan simbolis keffiyeh dengan identitas Palestina harus diakui dan diingat dan telah menyebutkan syal dalam karyanya. Dia merilis single pertamanya Al-Kufiyyeh 3arabeyyeh, yang berarti The Keffiyeh adalah Arab, pada tahun 2010 sebagai pujian untuk pakaian dan identitasnya.



Rekan seniman Palestina Mohammed Assaf memenangkan pertunjukan bakat Arab Idol pada tahun 2013 dengan lagunya yang memuji pakaian tersebut, Ali al-Kuffiyeh, atau Raise your Keffiyeh, yang menjadi lagu kebangsaan Palestina. Lalu, Filisteen karya penyanyi Palestina Muhannad Khalaf, Taj Ala-Raas atau Palestine, Crown on the Head, menampilkan penari yang mengenakan keffiyeh dan menampilkan tarian debka tradisional.

Hadid mengenakan simbol Palestina sebagai sentimen politik. Ia berpesan, “Bebaskan Palestina selamanya.”

Hadid telah menyuarakan dukungannya terhadap Palestina selama bertahun-tahun, namun ia sangat vokal selama beberapa bulan terakhir karena kehancuran dan jumlah korban jiwa di Gaza mendominasi berita utama.

Dalam pernyataannya pada akhir Oktober, Hadid mengatakan di Instagram bahwa dia telah menghadapi banyak ancaman tetapi tidak takut. “Hati saya berdarah karena rasa sakit akibat trauma yang saya saksikan, serta trauma generasi dari darah Palestina saya.”
(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)