Media India Sebarkan Hoaks: Muslim Serang Umat Hindu di Bangladesh

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Saluran televisi TV9 Gujarati dengan satu juta pengikut di X mencirikan pemberontakan itu sebagai "kudeta", dengan menyatakan di platform media sosial: "Apakah ISI berada di balik serangan kudeta di Bangladesh? Apakah Jamaat-E-Islam berada di balik serangan kekerasan itu?"

Bagaimana kenyataan di lapangan?

Menurut AL Jazeera, artikel-artikel dari media India dan unggahan di media sosial ini sangat kontras dengan laporan faktual yang mencatat peristiwa-peristiwa yang menyebabkan pengunduran diri Hasina. Ia melarikan diri ke India, yang telah mendukungnya.

Media lokal di Bangladesh melaporkan bahwa sejak Senin malam, beberapa rumah tangga Hindu di 20 dari 64 distrik di negara itu telah diserang dan dijarah.

Al Jazeera menghubungi sumber-sumber di beberapa distrik ini dan menemukan bahwa serangan terhadap rumah tangga Hindu tidak didorong oleh identitas agama tetapi oleh afiliasi politik.

Mustafizur Rahman Hiru, seorang pengemudi mobil sewaan dari distrik pusat Narsingdi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa di desanya, dua rumah tangga Hindu yang menjadi sasaran adalah rumah bagi para pemimpin Liga Awami setempat.

"Orang-orang marah karena para pemimpin Hindu ini menindas orang lain saat Liga Awami berkuasa. Sekarang, dengan jatuhnya Hasina, mereka menghadapi serangan balasan," katanya.



Di Jashore, distrik perbatasan dengan India, gudang dan rumah milik Babul Saha, seorang kepala pemerintahan daerah yang mencalonkan diri sebagai pejabat melalui tiket Liga Awami, diserang.

Abdur Rab Haider, seorang warga Jashore, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tidak ada rumah tangga Hindu yang diserang tanpa hubungan dengan Liga Awami.

Rahman menunjukkan bahwa Sajeeb Wazed Joy, putra Hasina, yang tinggal di Amerika Serikat, telah memberikan beberapa wawancara kepada media India, menyebarkan rumor dan klaim yang tidak terverifikasi tentang serangan terhadap umat Hindu dan dugaan operasi oleh ISI.

"Media India dengan gembira memanfaatkannya dan menyebarkan klaim palsu Joy," kata Rahman.

Bermotif Politik

Dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera, Gobindra Chandra Pramanik, seorang pemimpin komunitas Hindu di Bangladesh, menyatakan bahwa sepengetahuannya tidak ada rumah tangga Hindu tanpa hubungan dengan Liga Awami yang diserang.

“Sebagai pemimpin komunitas Hindu, saya dapat mengonfirmasi bahwa serangan ini bermotif politik, bukan komunal,” katanya. “Di seluruh negeri, 10 kali lebih banyak rumah tangga Muslim yang berafiliasi dengan Liga Awami diserang.”



Media lokal melaporkan bahwa sejak Senin malam, lebih dari 119 orang – terutama pemimpin Liga Awami, aktivis, dan polisi – tewas dalam kekerasan massa.

Qadaruddin Shishir, editor pemeriksa fakta untuk kantor berita AFP, mengatakan bahwa hanya dua korban yang beragama Hindu: satu polisi dan satu aktivis Liga Awami.

Zafar Sobhan, editor surat kabar Dhaka Tribune di Bangladesh, mengatakan bahwa sebagian besar media India "secara umum tidak tahu apa-apa tentang Bangladesh".

"Saya tidak suka mengaitkan sesuatu dengan niat jahat yang dapat dengan mudah dijelaskan dengan ketidakmampuan. Namun, keseragaman misinformasi yang secara rutin disebarkan di media India menunjukkan bahwa mereka mengambil dikte dari sumber yang sama," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)