alexametrics

Tips Sehat Ala Rasulullah SAW

loading...
Tips Sehat Ala Rasulullah SAW
Tak hanya mengajarkan doa, Rasulullah SAW juga mengajarkan bagaimana mengonsumsi makanan yang sehat. Foto/dok pasbana
Kesehatan merupakan karunia terbesar Allah SWT setelah nikmat iman dan nikmat Islam. Nikmat sehat harus disyukuri karena dengan tubuh yang sehat, kita dapat beribadah dengan baik.

Sejak 14 abad lalu, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) telah memberi tips bagaimana pola hidup yang sehat. Tak hanya mengajarkan doa, Rasulullah juga mengajarkan bagaimana mengonsumsi makanan yang sehat.

Dalam Kajian Dhuha di Masjid Nurul Izzah, Ciater, Tangerang Selatan, Ustaz dr Zaidul Akbar (Founder Jurus Sehat Ala Rasulullah) menyampaikan tausiyah menarik bertema "Healthy Food for Our Kids".



Ustaz dr Zaidul Akbar memaparkan tips makanan sehat untuk anak-anak generasi penerus. Makanan terbaik untuk anak-anak adalah makanan untuk hatinya. Makanan terbaik untuk fisik adalah makanan yang bersifat ruhiyah.

"Sebaik apapun makanan yang kita siapkan untuk anak kita, tapi kita tidak melakukan kontak fisik dengan anak kita, maka semua itu tidak bermanfaat. Berikan nutrisi Qalbu yang terbaik untuk anak kita," kata Ustaz dr Zaidul membuka tausiyahnya.

Dia mengimbau agar para orangtua berkomunikasi dengan kata-kata yang baik dengan anaknya. Jangan biarkan kesibukan menggerus rasa sayang dan cinta kepada anak. Niatkan semua sebagai ibadah.

Doa orang yang berpuasa sangat mustajab, karena dalam keadaan lapar kita akan berdoa dengan khusyu' hingga meneteskan air mata. Sebaliknya orang yang kekenyangan, sulit berdo'a hingga meneteskan air mata.

Anak yang sejak lahir bermasalah dengan behaviournya, ada kemungkinan makanan yang dikonsumsi orang tuanya tidak sehat atau bermasalah dengan hatinya.

Allah Ta'ala menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Masalah yang muncul pada tubuh kita karena apa yang kita konsumsi tidak berpasangan lagi. Elektronnya sudah terpisah, yang disebut sebagai radikal bebas.

Agama adalah kunci segalanya, dan Ibu adalah penggeraknya. Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi perilaku anak. Matinya hati seseorang disebabkan terlalu banyak energi negatif, karena itu jagalah ucapan agar hati kita tetap terjaga.

Menurut Ustaz dr Zaidul, makanan yang sehat adalah makanan yang tidak dihangatkan, jadi kalau memasak ditakar untuk sekali makan saja (fresh). Gen kita bahan baku utamanya adalah asam amino. Tumbuh-tumbuhan (segar) mengandung prebiotik.

3 Tumbuhan Utama yang merupakan Radikal Baik untuk Tubuh:

1. Kunyit.
2. Jahe.
3. Jeruk Nipis.

Menu buat anak biasakan memasak dengan bumbu dari 3 tumbuhan di atas. Madu merupakan asupan yang sangat baik untuk anak. Roti yang dikonsumsi sebaiknya roti gandum yang diberi madu atau roti dengan irisan kurma sebagai toping. Produk Asam Amino yang paling baik ada pada produk lebah, karena dalam madu terkandung saripati tanah.

Tips Diet Abasa:
1/6 Protein Hewani.
1/6 Biji-Bijian.
4/6 Sayur dan Buah-Buahan.

Allah Ta'ala berfirman dalam Alqur'an: "Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya, Kamilah yang telah Mencurahkan Air melimpah (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu di sana Kami tumbuhkan biji-bijian,dan anggur dan sayur-sayuran, dan zaitun dan pohon kurma, dan kebun-kebun (yang) rindang, dan buah-buahan serta rerumputan. (Semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk Hewan-Hewan Ternakmu." (QS 'Abasa: 24-32)

"Semakin alami makanan yang kita makan, maka semakin baik. Hindari makanan-makanan yang digoreng, biasakan dikukus, direbus atau dipanggang," papar Ustaz dr Zaidul.

Untuk membuat sambal, sebagai pengganti gula dapat digunakan kurma. Tempe lebih sehat dimakan mentah. Caranya, tempe diblender dengan kurma kemudian tambahkan sedikit garam.

Tips Agar Anak Tumbuh Sehat:

1. Kurangi beras putih, ganti dengan beras merah atau beras hitam.
2. Ganti teh celup dengan teh tubruk (teh dalam bentuk daun).
3. Ganti gula pasir dengan gula aren.
4. Gunakan tepung non gluten.
5. Selalu sediakan kurma dan produk dari lebah.
6. Ganti susu sapi dengan susu dari produk kacang-kacangan (susu almond, hazelnut, walnut).
7. Hindari atau kurangi makanan-makanan instan dan fastfood.
8. Biasakan anak-anak makan buah dan sayur-sayuran.
9. Ganti air putih anak dengan air infus, atau dibuat air madu.

Kata Ustaz dr Zaidul, berbagai masalah kesehatan akan hilang apabila kita memperbaiki pola makan. Apabila mengkonsumsi makanan sehat dengan niat sedekah untuk tubuh, maka itu akan membawa berkah. Selain itu, biasakan anak mendengar murattal Qur'an, agar otak anak menjadi cerdas.

Untuk menjaga kesehatan dan stamina, rutinkan setiap hari minum zaitun, madu (1-2 sendok) dan kurma (7 butir).

Bagi anak yang alergi atau sering batuk pilek, rutinkan minum air kelapa dan habatussaudah, dan minum dengan ramuan bumbu-bumbu seperti kapulaga dan cengkeh.

Untuk penyakit-penyakit degenaratif (karena penuaan) minumnya air kelapa dari kelapa yang tua. Sebaliknya untuk yang muda atau alergi beri air kelapa dari kelapa yang muda. Untuk HB rendah, blender bit, kurma, madu, bee polen, kuning telur dan tambahkan sedikit garam.

"Semoga kita semua bisa senantiasa menjaga pola makanan dan pola hidup sehat sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam," tutupnya.
(rhs)
cover top ayah
فَادۡعُوا اللّٰهَ مُخۡلِصِيۡنَ لَهُ الدِّيۡنَ وَلَوۡ كَرِهَ الۡـكٰفِرُوۡنَ
Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukai(nya).

(QS. Ghafir:14)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak