Profil Pangkalan Meron Israel yang Jadi Salah Satu Sasaran Serangan Hizbullah

Rabu, 28 Agustus 2024 - 05:32 WIB
loading...
Profil Pangkalan Meron...
Pangkalan Meron terletak di Gunung Meron (Jabal al-Jarmaq), puncak tertinggi di wilayah Palestina yang diduduki. Foto: Press TV
A A A
Pada hari Ahad lalu, Hizbullah melakukan serangan balasan kepada Israel . Operasi ini disebutnya sebagai tahap pertama pembalasan atas pembunuhan komandan senior Hizbullah, Fuad Shukr.

Tahap awal operasi strategis tersebut, menurut Hizbullah, berhasil menargetkan barak dan lokasi militer utama Israel dan wilayah pendudukan.

Target tersebut mencakup enam pangkalan militer Israel, tiga barak, dan dua posisi artileri, yang semuanya diserang oleh lebih dari 320 roket Katyusha.



Target pertama adalah Pangkalan Meron, yang terletak di Gunung Meron (Jabal al-Jarmaq), puncak tertinggi di wilayah Palestina yang diduduki.

Pangkalan ini, secara strategis penting karena menampung kontrol lalu lintas udara, radar, pengawasan, komunikasi, dan fasilitas pengacauan. Selain itu juga berfungsi sebagai pusat komando militer utama untuk peperangan udara dan intelijen bagi militer Israel di garis depan utara.

Pangkalan Meron membentang sepanjang 1 km dan lebar 200 meter, pada ketinggian 1200 meter. Saat ini pangkalan ini sedang mengalami perluasan di bagian baratnya dan dapat dikenali oleh tiga kubah radar besar, yang menampung antena radar yang kuat.

Antena ini, bersama dengan kamera canggih, perangkat pengawasan, dan sistem penentuan posisi topografi, menyediakan kemampuan intersepsi sinyal dan spionase yang sangat baik di wilayah yang luas di Lebanon dan Suriah.

Pangkalan Meron juga digunakan untuk peperangan elektronik, sebagaimana dibuktikan selama minggu pertama setelah Operasi Badai Al-Aqsa, ketika sistem lokasi berbasis satelit sepenuhnya terganggu di Lebanon selatan dan Palestina utara yang diduduki.



Setelah pemantauan ketat terhadap sinyal pengacau yang mengganggu kemampuan penerima dalam mendeteksi gelombang satelit, Pangkalan Meron diidentifikasi sebagai sumber gangguan ini, yang kemungkinan ditujukan untuk mencegah perlawanan di Lebanon menggunakan perangkat serangan presisi.

Pangkalan Meron telah sering menjadi sasaran serangan balasan Hizbullah karena perannya dalam mengoordinasikan operasi udara Israel dan serangan bom di Lebanon dan Suriah.

Pada bulan Mei 2006, setelah pembunuhan komandan Jihad Islam Palestina Mahmoud al-Majzoub di Sidon, Hizbullah meluncurkan rentetan roket tepat sasaran terhadap pangkalan tersebut. Pangkalan ini menjadi sasaran lagi beberapa bulan kemudian, yang menyebabkan kerusakan besar.

Sejak dimulainya perang genosida di Gaza pada bulan Oktober tahun lalu, pangkalan tersebut pertama kali menjadi sasaran pada awal Januari, dengan 62 rudal, menyusul pembunuhan anggota biro politik Hamas Saleh al-Arouri.

Pangkalan tersebut menjadi sasaran lagi pada akhir April, pertengahan Mei, dan awal Juli dengan salvo roket yang sama mematikannya, dan yang terbaru, dua hari sebelum serangan massal terakhir, dengan jumlah rudal yang tidak disebutkan.



Menurut laporan media Israel, kerusakan diperbaiki setelah serangan pertama, dan peralatan baru dipasang, yang kemudian menjadi sasaran serangan berikutnya, yang mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Kali ini, roket Katyusha terutama digunakan untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara Israel, sementara antena radome dihantam rudal ATGM berpemandu presisi, dengan rekaman dampak yang dirilis oleh media militer Hizbullah.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)