Berikut Ini Sasaran Serangan Hizbullah ke Israel: Gunakan 320 Roket Katyusha

Rabu, 28 Agustus 2024 - 06:15 WIB
loading...
Berikut Ini Sasaran...
Pangkalan Glilot berfungsi sebagai markas operasional untuk unit intelijen militer 8200. Foto: Press TV
A A A
Pada hari Ahad lalu, Hizbullah melakukan serangan balasan kepada Israel . Operasi ini disebutnya sebagai tahap pertama pembalasan atas pembunuhan komandan senior Hizbullah, Fuad Shukr.

Tahap awal operasi strategis tersebut, menurut Hizbullah berhasil menargetkan barak dan lokasi militer utama Israel dan wilayah pendudukan.

Target tersebut mencakup enam pangkalan militer Israel, tiga barak, dan dua posisi artileri, yang semuanya diserang oleh lebih dari 320 roket Katyusha.

Target pertama adalah Pangkalan Meron, yang terletak di Gunung Meron (Jabal al-Jarmaq), puncak tertinggi di wilayah Palestina yang diduduki.



Selain Pangkalan Meron, target lainnya termasuk posisi artileri di Neve Ziv dan Zaoura, serta barak Kaila, Yoav, dan Ramot Naftali, dan pangkalan Jaatoun, Sahel, Nafah, Yardena, dan Ein Zeitim.

Dalam pidatonya setelah operasi, Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah menjelaskan bahwa posisi ini ditargetkan untuk menguras habis rudal pencegat Iron Dome, yang membuka jalan bagi serangan pesawat nirawak yang berhasil jauh di dalam wilayah pendudukan.

Ia mencatat bahwa meskipun rencana awal adalah meluncurkan 300 roket Katyusha, jumlah akhir mencapai 340, menekankan bahwa tidak ada rudal balistik canggih yang digunakan dalam fase ini.

Setelah fase pertama selesai, fase kedua melibatkan serangkaian serangan pesawat nirawak terhadap pangkalan intelijen Glilot antara Tel Aviv dan Herzliya, dan Pangkalan Udara Ein Shemer antara Hadera dan Harish.



Target-target ini, yang masing-masing terletak 110 dan 75 km dari perbatasan Lebanon, diserang oleh pesawat nirawak yang terbang tanpa terdeteksi di atas Lembah Beqaa.

Pangkalan Glilot berfungsi sebagai markas operasional untuk unit intelijen militer 8200, tempat informasi yang dikumpulkan diproses dan diteruskan ke para ahli strategi militer dan badan intelijen Israel lainnya, termasuk Mossad.

Sebagai lokasi paling kritis dari intelijen militer Israel (Aman), Pangkalan Glilot sebelumnya diidentifikasi dalam analisis situs web Press TV sebagai target yang mungkin menjadi target serangan balasan.

Pangkalan Udara Ein Shemer, target lainnya, adalah lokasi pertahanan udara penting yang menampung sistem rudal antibalistik Arrow 2 dan Radar Great Pine dengan jangkauan 1.000 km.

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)