11 Istri Rasulullah SAW Beserta Keistimewaanya

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:58 WIB
loading...
A A A
Ketika menikah dengan Rasulullah SAW Juwairiyah menjadi seorang Muslim, karena perbuatan Juwairiyah ini, membuat seluruh kaum Musthaliq yang dahulu memerangi Islam, berbalik menjadi orang yang setia dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

8. Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan

Ummu Habibah mempunyai nama asli Ramlah binti Abu Sufyan, anak dari Abu Sufyan dan Shafiyyah binti Abil Ashi. Sebelum menikah dengan Nabi Muhammad SAW, Ummu Habibah menikah dengan Ubaidillah bin Jahsy.

Saat perintah hijrah turun, keduanya juga ikut hijrah ke Habasyah dan menetap disana. Ketika berita mengenai penyerangan kaum Quraisy terhadap umat Islam di Makkah sampai kepada penduduk di Habsyah. Ubaidillah merasa kaum Muslimin sampai kapan pun tidak akan bisa menang dan terus diserang. Ubaidillah pun memutuskan kembali memeluk agama Nasrani.

Ummu Habibah merasa sedih akan perbuatan suaminya, namun dia tetap kokoh memegang teguh keimanannya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Ummu Habibah pun hidup sendirian, hingga keluarganya di Makkah juga tidak mau menerimanya. Karena hal ini Rasulullah SAW pun menikahinya.



Ummu Habibah tetap menjadi seorang Mukmin yang taat, baik setelah Rasulullah SAW meninggal, hingga ajal menjemputnya.

9. Shafiyah binti Huyai bin Akhthab

Istri Nabi Muhammad SAW yang bukan berasal dari bangsa Arab, melainkan dari bani Israel ada satu orang, dia adalah Shafiyah binti Huyai bin Akhthab . Pada mulanya beliau beragama Yahudi.

Setelah ayah dan suaminya tewas dalam perang, Safiyyah dinikahi oleh Nabi Muhammad. Meski datang dari latar belakang yang berbeda, Safiyyah menunjukkan kesetiaannya kepada Islam dan Nabi Muhammad. Rasulullah selalu memperlakukannya dengan penuh hormat dan kasih sayang.

10. Maimunah binti Al-Harits

Ummu Salamah dikenal karena kebijaksanaannya. Ia adalah salah satu istri Nabi yang paling cerdas dan sering memberikan saran yang bijak kepada Rasulullah. Salah satu momen bersejarah yang melibatkan Ummu Salamah adalah saat Perjanjian Hudaibiyah, ketika sarannya membantu menyelesaikan kebuntuan antara kaum Muslim dan Quraisy.



Ummu Salamah mempunyai banyak kelebihan, selain parasnya yang cantik juga mempunyai keluarga yang mempunyai kedudukan tinggi di Makkah. Meski begitu, Ummu Salamah bukanlah orang yang suka memamerkan dirinya kepada orang lain.

Dari buku Kisah Pahlawan Muslimah Dunia Maimunah Al Harits Hingga Jahanara Begum karya Hafidz Muftisany dijelaskan Maimunah seorang Perempuan mukminah yang menyerahkan dirinya dalam Islam kepada Rasulullah SAW. Padahal keluarganya masih hidup dan memegang teguh kepercayaan jahiliyah.

Kisah Maimunah ini juga terdapat pada Surah Al-Ahzab ayat 50:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِنَّآ اَحْلَلْنَا لَكَ اَزْوَاجَكَ الّٰتِيْٓ اٰتَيْتَ اُجُوْرَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَ مِمَّآ اَفَاۤءَ اللّٰهُ عَلَيْكَ وَبَنٰتِ عَمِّكَ وَبَنٰتِ عَمّٰتِكَ وَبَنٰتِ خَالِكَ وَبَنٰتِ خٰلٰتِكَ الّٰتِيْ هَاجَرْنَ مَعَكَۗ وَامْرَاَةً مُّؤْمِنَةً اِنْ وَّهَبَتْ نَفْسَهَا لِلنَّبِيِّ اِنْ اَرَادَ النَّبِيُّ اَنْ يَّسْتَنْكِحَهَا خَالِصَةً لَّكَ مِنْ دُوْنِ الْمُؤْمِنِيْنَۗ قَدْ عَلِمْنَا مَا فَرَضْنَا عَلَيْهِمْ فِيْٓ اَزْوَاجِهِمْ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ لِكَيْلَا يَكُوْنَ عَلَيْكَ حَرَجٌۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ٥٠


Artinya: "Wahai Nabi (Muhammad) sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah engkau berikan maskawinnya dan hamba sahaya yang engkau miliki dari apa yang engkau peroleh dalam peperangan yang dianugerahkan Allah untukmu dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu yang turut hijrah bersamamu, dan perempuan mukminat yang menyerahkan dirinya kepada Nabi jika Nabi ingin menikahinya sebagai kekhususan bagimu, bukan untuk orang-orang mukmin (yang lain). Sungguh, Kami telah mengetahui apa yang Kami wajibkan kepada mereka tentang istri-istri mereka dan hamba sahaya yang mereka miliki agar tidak menjadi kesempitan bagimu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."



11. Maria al-Qibtiyah
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)