alexametrics

Punya Utang dan Sering Susah? Amalkan Doa Nabi Ini

loading...
Punya Utang dan Sering Susah? Amalkan Doa Nabi Ini
Rasulullah SAW mengajarkan doa kepada sahabat Abu Umamah RA yang tengah mengalami kesulitan dan memiliki utang. Foto Ilustrasi/Istimewa
Suatu hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) memergoki Abu Umamah radhiallahu 'anhu (RA) yang tengah dalam kesulitan. Rasulullah kemudian bertanya kepadanya, "Apa yang terjadi denganmu?"

Abu Umamah menjawab, "Aku sedang menghadapi kesulitan dan sejumlah utang Ya Rasulullah." Lalu Rasulullah bersabda, "Maukah kau aku ajarkan kata-kata bila kau ucapkan, niscaya Allah Ta'ala akan menghilangkan kesusahan pada dirimu dan melunasi utang-utangmu. Ucapkanlah (doa) ini di pagi dan sore hari:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali, wa a'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min gholabatid dayni wa qohrir rijaal

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari takut (miskin) dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya utang dan paksaan orang-orang.

Abu Umamah berkata, "Lantas aku pun mengamalkan doa itu dengan tekun. Benar, ternyata Allah Ta'ala menghilangkan kesusahanku dan melunasi hutangku." (HR. Abu Dawud dan Al-Baihaqi, dari Abu Sa'id)



Doa ini pernah diijazahkan ulama besar Makkah, Sayyid Muhammad bin Alwy Al-Maliki dan dari Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Pekalongan). Doa ini dianjurkan dibaca setiap selesai salat 5 waktu, sebanyak tiga kali agar terkabul.

Selain itu, agar dimudahkan rezeki dari Allah, dianjurkan membaca zikir ini setiap salat sunnah fajr (qabliyah subuh) 2 rakaat sebelum salat Fardhu Subuh:

Subhanallah wa bihamdihi, Subhanallah al-'Azhim, Astaghfirullah.Dibaca sebanyak 100 kali.
(Maha Suci Allah dengan segala puji-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung, aku memohon ampunan-Mu)

Kemudian membaca: Yaa Fattah Yaa Razzaq (Yang Maha Pembuka, Yang Maha Pemberi Rezeki) sebanyak 70 kali.
(rhs)
cover top ayah
ءَاَمِنۡتُمۡ مَّنۡ فِىۡ السَّمَآءِ اَنۡ يَّخۡسِفَ بِكُمُ الۡاَرۡضَ فَاِذَا هِىَ تَمُوۡرُۙ‏
Sudah merasa amankah kamu, bahwa Dia yang di langit tidak akan membuat kamu ditelan bumi ketika tiba-tiba ia terguncang?

(QS. Al-Mulk:16)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak