Amalan Hari Jumat Bagi Perempuan yang Sayang Kalau Dilewatkan

Jum'at, 04 September 2020 - 12:31 WIB
loading...
A A A
Selain mandi pada hari Jumat yang memang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk setiap umat muslim tidak terkecuali untuk perempuan muslimah. Selain itu, hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak. (HR. Bukhari dan Muslim)

(Baca juga : PPATK Antisipasi Uang Kejahatan Masuk ke Pilkada 2020 )

6. Salat Dhuhur pada awal waktu

Meskipun tidak bisa menunaikan salat Jumat, para muslimah juga bisa mendapatkan pahala sunnah dengan menunaikan salat Dhuhur di awal wakru dan tidak menunda-nunda apalagi melalaikan salat tersebut.

7. Melakukan salat tasbih

Salat tasbih juga sangat besar keutamaanya baik itu pada malam atau pada hari jumat seperti akan diampuni dari segala dosa dan lain sebagainya dan pekerjaan seperti ini akan sangat baik jika dilakukan pada hari jumat karena merupakan hari ibadah.

(Baca juga : Saatnya Memperjuangkan Hak-hak Konsumen )

8. Membaca surat Al-Kahfi

Tidak hanya untuk kaum lelaki, kaum perempuan juga mempunyai kesempatan yang serupa untuk membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum'at. Hari Jum'at yang dimaksud di sini adalah karena hari Jum'at yang menurut perhitungan kalender hijriyah yaitu mulai Kamis petang pada saat matahari terbenam sampai hari Jum'at petang saat matahari terbenam.

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

9. Memotong kuku

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan tentang tata cara memotong kuku dan ini biasanya dilakukan pada hari Kamis, Jumat atau hari lainnya. Akan tetapi tidak ada dalil yang shahih yang memberikan batasan tentang waktu memotong kuku di hari tertentu. Akan tetapi, para ulama umumnya menganjurkan untuk memotong kuku yang kotor ini ada hari Jum'at.

(Baca juga : Sepekan Ditutup Akibat COVID-19, Kantor Kecamatan Sukmajaya Beroperasi Kembali )

10. Ziarah kubur

Pada malam atau di hari yang istimewa yaitu hari Jumat akan sangat baik jika ziarah ke kubur khususnya kubur orang tua kita dengan tujuan untuk mendoakan mereka dan mengambil hikmah serta pelajaran dengan bertafakhur dan mengingat tentang kematian.

Demikianlah, semoga kita termasuk muslimah yang berlomba-lomba meraih banyak pahala pada hari Jum’at ini. Aamiin.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4134 seconds (0.1#10.140)