Imam Al-Ghazali: Para Wali Biasa Membaca Surat Al-Waqiah di Saat Sulit

loading...
Imam Al-Ghazali: Para Wali Biasa Membaca Surat Al-Waqiah di Saat Sulit
Ilustrasi/Ist
SURAH al-Waqiah merupakan salah satu surat Makkiyyah yang dalam terjemahannya bermakna Hari Kiamat . Kata al-Waqiah sendiri diambil dari ayat pertama surat yang berbunyi اِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُۙ. Surat ini terdiri dari 96 ayat dan termasuk surat ke-56 di dalam al-Quran. (Baca juga: Membaca Surat Al-Waqiah, Amalan Terbaik bagi Perempuan )

Banyak hadis tentang fadhilah membaca Surat Al-Waqiah. Hanya saja hadis-hadis tersebut masuk kategorik hadis dhaif (lemah). Toh begitu, sudah banyak ulama terdahulu yang menjadikan surat al-Waqiah ini menjadi sebuah amalan sehari hari. Salah satunya adalah agar diberi kemudahan dalam rezeki. Disebutkan dalam kitab Fath al-Qadir bahwa Imam Ghazali pernah berkata bahwa membaca surat al-Waqiah ini merupakan amalan yang telah dibiasakan oleh ulama terdahulu. (Baca juga: Baca Surah Al-Baqarah untuk Usir Setan, Bisakah Cukup Rekaman? )

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮﺓ

Imam Al Ghazali berkata: "Wali-wali kita membiasakan membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit"

Ibnu Katsir dalam karyanya Tafsir Ibnu Katsir, juga menjelaskan tentang fadhilah surat ini. Terdapat sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Abu Dhabyah.

عن أبي ظبية قال: مرض عبد الله مرضه الذي توفي فيه، فعاده عثمان بن عفان فقال: ما تشتكي؟ قال: ذنوبي. قال: فما تشتهي؟ قال: رحمة ربي. قال ألا آمر لك بطبيب؟ قال: الطبيب أمرضني. قال: ألا آمر لك بعطاء؟ قال: لا حاجة لي فيه. قال: يكون لبناتك من بعدك؟ قال: أتخشى على بناتي الفقر؟ إني أمرت بناتي يقرأن كل ليلة سورة الواقعة، إني سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من قرأ سورة الواقعة كل ليلة، لم تصبه فاقة أبدا

“Diriwayatkan dari Abu Dhabyah bahwa ia berkata, ‘Abdullah mengalami sakit yang kemudian menghantarkannya pada kematian. Utsman Ibn Affan kemudian menjenguknya. Ia lalu bertanya, ‘Apa yang engkau keluhkan?”

Baca juga: Baca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, Ini Fadhilahnya

“Dosa-dosaku,” jawab Abdullah.

“Lalu apa yang engkau inginkan?” tanya Utsman.

“Rahmat tuhanku,” jawab Abdullah.

“Apa aku perlu menyuruh dokter untukmu?”
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Jika Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang dalam kesesatan.

(QS. Yunus:11)
cover bottom ayah
preload video