Menyegerakan Berbuka, Kesempatan Merebut Kebaikan pada Ramadhan

Minggu, 03 April 2022 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Hadis Anas itu selain mengajarkan menyegerakan berbuka juga mengajarkan mengenai anjuran berbuka puasa dengan kurma. Yang dianjurkan ketika berbuka adalah dengan ruthob (kurma basah), lalu tamr (kurma kering). Jika tidak didapati kurma, maka boleh digantikan dengan makanan yang manis-manis.

Di sini dianjurkan dengan yang manis-manis ketika berbuka karena yang manis tersebut semakin menguatkan orang yang berpuasa. Sedangkan berbuka puasa dengan air bertujuan untuk menyucikan atau menyegarkan. Adapun jika berada di Makkah, dianjurkan berbuka dengan air zam-zam. (Lihat Kifayatul Akhyar, hal. 251-252. Juga lihat penjelasan Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’ad, 2: 48).



Kebaikan Mengikuti Sunnah
Salah satu bentuk kebaikan dari menyegerakan berbuka adalah menyelisihi cara beribadah orang-orang kafir. Rasulullah bersabda, “…..Karena orang Yahudi dan Nasrani mengakhirkan berbuka hingga bermunculan bintang-bintang.” (Riwayat Abu Daud).

Rasulullah tidak merinci jenis-jenis kebaikan yang akan diraih orang yang menyegerakan berbuka. Salah satu tujuannya untuk menegaskan bahwa kebaikan di dalamnya sangat banyak dan bersifat umum.

Namun jika kita membaca lebih jauh, beberapa kebaikan berhasil diungkap oleh para ulama. Syaikh al-Bassam berkata, “Kebaikan yang dimaksudkan adalah kebaikan berupa mengikuti sunnah dan tidak diragukan lagi, mengikuti sunnah adalah sebab meraih kebaikan dunia dan akhirat.” (Taudhihul Ahkam, 3/520).

Mengikuti Nabi SAW juga merupakan satu-satunya cara yang Allah Ta’ala tetapkan untuk meraih cinta-Nya. Allah berfirman, “Katakanlah (Muhammad), ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun Maha Penyayang.” ( QS Ali Imran [3]: 31).



Terkait menyegerakan berbuka, secara khusus Allah berfirman dalam dalam Hadits qudsi, “Hamba-Ku yang paling aku cintai adalah hambaku yang menyegerakan berbuka.” (Riwayat Tirmidzi).

Dari uraian ini semakin terasa jika Ramadhan sejatinya bulan multi fungsi. Selain menawarkan fadhilah yang melimpah, Ramadhan juga kaya dengan ibrah. Salah satunya spirit mengamalkan sunnah. Dalam Ramadhan kita dilatih militan dalam mengamalkan sunnah. Tentu saja sunnah tidak saja dalam urusan berbuka. Dalam Ramadan sunnah hadir dalam setiap aktivitas yang kita jalankan. Sunnah hadir saat makan sahur, salat Subuh, salat Tarawih, membaca al-Qur’an, dan amalan lainnya.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2769 seconds (0.1#10.140)