Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia

Kamis, 29 Oktober 2020 - 09:59 WIB
loading...
A A A
وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Luqman :18)

Atas dasar pertimbangan itu, maka Imam Al- Ghazali mengatakan bahwa orang yang memiliki karakter sombong disebut sebagai pribadi yang mengalami penyakit mental dan jiwa. Selanjutnya beliau juga mengatakan, bahwa orang yang demikian itu : pada sisi Allah Ta’ala adalah terkutuk dan sangat dimurkai.

(Baca juga : Tak Terima Presidennya Hina Nabi, Arie Untung Buang Koleksi Tas Mahal Prancis: "Nggak Layak" )

Sampai-sampai siapapun yang di dalam hatinya ada setitik kesombongan, maka pintu surga akan tertutup baginya. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan walau sebesar biji sawi. Ada seseorang yang bertanya, Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus ? Beliau menjawab, Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.” (HR. Muslim No. 91)

Rasulullah juga bersabda :

“Maukah kamu aku beritahu tentang penduduk neraka ? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabbur (sombong).” (HR. Bukhari No. 4918 dan Muslim No. 2853).

Untuk itu, jauhilah sifat Fir’aun, Abu Jahal dan Abu Lahab yang akan membinasakan itu. Sebab, jika dibiarkan kita akan kehilangan akal sehat dan jati diri sebagai hamba Allah.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)