Ketika Ujian Kekurangan Harta Menerpa

loading...
Ketika Ujian Kekurangan Harta Menerpa
Jika kita sedang berada dalam episode keterbatasan harta, maka itu tidak membahayakan selama kita bersyukur. Karena syukur adalah pengundang karunia Allah SWT yang belum datang kepada kita. Foto ilustrasi/ist
Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala Maha Mengetahui kemampuan setiap hambanya dalam menghadapi suatu ujian. Ada orang-orang yang diuji dengan kekayaannya , yang dari ujian tersebut ada yang lulus dan ada yang tidak. Demikian juga ada orang-orang yang diuji dengan kefakirannya , yang dari ujian tersebut ada yang lulus dan ada juga yang tidak.

(Baca juga : Penegasan Al-Qur'an : Perlakukan Perempuan Secara Makruf )

Manakah di antara kedua ujian tersebut yang lebih baik? KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menyebutkan, yang terbaik adalah orang yang menjalani ujiannya dengan penuh kesabaran dan berpegang teguh kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

"Apalah artinya harta kekayaan berlimpah kalau hanya menjauhkan pemiliknya dari Allah SWT. Dan semakin berat kefakiran seseorang manakala kefakirannya dijalani dengan putus asa, berburuk sangka, dan menjauh dari-Nya,"ungkap pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid Bandung dalam tausiyahnya di kanal MQTV. Berikut paparan Aa Gym:



(Baca juga : Inilah Persyaratan dan Etika untuk Fashion Muslimah )

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 155 dan 156:

“Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un’ (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).” (QS. Al-Baqarah : 155-156).

(Baca juga : Amalan-amalan Saat Turun Hujan yang Terlupakan )

Pada ayat di Surah Al-Baqarah yang disebutkan sebelumnya, Allah Ta’ala menjelaskan secara tersurat kepada kita, bahwa salah satu bentuk ujian yang akan menimpa kita adalah kekurangan harta. Dan barang siapa yang tidak bersabar dalam ujian ini maka penderitaannya hanya akan bertambah panjang.
halaman ke-1
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video