Sifat Shalat Nabi, Manakah yang Sesuai Sunnah? (3/Tamat)

loading...
Sifat Shalat Nabi, Manakah yang Sesuai Sunnah? (3/Tamat)
Dai yang juga pengajar di Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Hanif Luthfi Lc MA. Foto/dok RFI
Ustaz Hanif Luthfi Lc MA
Pengajar Rumah Fiqih Indonesia

Kenapa tarjih itu susah? Karena ilmu yang dibutuhkan banyak, serta konsekuensinya cukup berat. Karena merajihkan sesuatu artinya mengambil satu pendapat yang dianggap kuat, dengan mengetahui bahwa pendapat lain itu ada kelemahannya dan perlu ditinggalkan. Imam Fakhuddin ar-Razi (wafat 606 H) menyebutkan:

الترجيح تقوية أحد الطريقين على الآخر ليعلم الأقوى فيعمل به ويطرح الآخر. (المحصول، فخر الدين الرازي خطيب الري (المتوفى: 606هـ) ،5/ 397)

Tarjih itu menguatkan salah satu metode dari yang lain, agar diketahui mana yang lebih kuat untuk diamalkan dan mana yang lemah lalu ditinggalkan. (Fachruddin ar-Razi wafat 606 H, al-Mahshul, h. 5/ 397).

[Baca Juga: Sifat Shalat Nabi yang Rajih, Menurut Tarjih Siapa? (1)]

Jangan cemas dianggap masih awam. Justru yang harus dikhawatirkan itu belum punya perangkat tarjih sudah ikut bergaya seperti ulama ahli tarjih.

As-Syathibi (wafat 790 H) menyebut bahwa pernyataan seorang mujtahid itu dalil bagi orang awam:

ثبت أن قول المجتهد دليل العامي. (الموافقات، إبراهيم بن موسى بن محمد اللخمي الغرناطي الشهير بالشاطبي (المتوفى: 790هـ)، 5/ 337)

Perkataan mujtahid adalah dalil bagi orang awam. (as-Syathibi wafat 790 H, al-Muwafaqat, h. 5/ 337). [Baca Juga: Sifat Shalat Nabi yang Rajih, Menurut Tarjih Siapa? (2)]

Manakah yang Sesuai Sunnah?
Nah, jika sesekali kita bertemu seorang yang sedikit-sedikit me-rajih-kan dan kadang suka bilang, " Shalat sesuai sunnahnya begini. Itu tidak sesuai sunnah, shahihnya begini." Cobalah simak pertanyaan sifat shalat berikut ini:
halaman ke-1
cover top ayah
وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ
Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

(QS. Al-Baqarah:45)
cover bottom ayah
preload video